KNPI: Natuna Milik Indonesia

KNPI: Natuna Milik Indonesia
Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama. Foto: Dok. KNPI

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendemo Kedutaan Besar China. Mereka membawa poster yang bertuliskan bahwa Natuna milik Indonesia.

Dalam aksi tersebut, mereka protes atas sikap kapal-kapal China yang melanggar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di laut Natuna.

Ketua Umum KNPI Haris Pertama mendesak agar pemerintah China menghormati Kedaulatan NKRI, khususnya di Laut Natuna yang sudah diatur dalam UNCLOS 1982.

"Aksi ini jadi bentuk dukungan kami kepada pemerintah untuk melakukan desakan kepada pemerintah China atas konflik di perairan Natuna," kata Haris Pertama, Rabu (8/1).

KNPI: Natuna Milik Indonesia
Ketua Umum KNPI Haris Pratama saat berdemo di depan Kedubes China.

"Kami memprotes pemerintah China yang mencaplok perairan Natuna. Kami mau bilang Natuna adalah milik Indonesia," sambungnya.

Aksi ini melibatkan sejumlah elemen yang massa kepemudaan yang ada di internal KNPI. Haris mengatakan aksi Natuna ini merupakan aksi spontanitas. 

"Ke depan, kami akan konsolidasi dan membuat aksi yang lebih besar dari ini. Kami akan datang dengan massa yang lebih banyak, kami akan bobol," tegas Haris.

Pemerintah China diminta untuk menghormati Kedaulatan NKRI, khususnya di Laut Natuna yang sudah diatur dalam UNCLOS 1982.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News