Koalisi Merah Putih Menerima Kekalahan

Koalisi Merah Putih Menerima Kekalahan
Koalisi Merah Putih Menerima Kekalahan

jpnn.com - MADIUN – Pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dipastikan menang di Kabupaten Madiun.

Kepastian itu diperoleh dari hasil penghitungan pemilu presiden yang dilaksanakan komisi pemilihan umum (KPU) setempat Rabu (16/7). Hasilnya, pasangan Jokowi-JK mengungguli pasangan nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta).

Penghitungan suara tingkat kabupaten tersebut digelar melalui rapat pleno di halaman sekretariat KPU Kabupaten Madiun yang berlangsung terbuka. Penghitungan itu merupakan rekapitulasi yang sebelumnya diadakan di tingkat desa dan kecamatan.

Penghitungan tersebut berjalan lancar dan hanya membutuhkan waktu tiga jam, mulai pukul 09.00 hingga 12.00. ’’Rekapitulasi ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 21/2014,’’ kata Ketua KPU Kabupaten Madiun Wahyudi.

Agenda tersebut dihadiri para saksi masing-masing pasangan, panwaslu, PPL, PPK, unsur forpimda, dan para relawan. Menurut Wahyudi, dalam rapat pleno kemarin, tidak ada keberatan dari tim sukses nomor urut satu, dua, serta para saksi. ’’Semua berlangsung lancar. Tidak ada rekomendasi dari panwaslu,’’ tuturnya.

Hasil penghitungan sementara pilpres berdasar rapat pleno kemarin menunjukkan bahwa pasangan Jokowi-JK unggul dengan perolehan suara total 240.002. Sementara itu, pasangan Prabowo-Hatta mendapat 177.992 suara.

Total surat suara yang diterima KPU 595.449, sedangkan yang terpakai hanya 422.377 lembar. ’’Total jumlah surat suara sah 417.994 dan yang tidak sah 4.383,’’ ujar Wahyudi saat mengumumkan hasil rapat pleno.

Syaiful Arif, sekretaris Koalisi Merah Putih Kabupaten Madiun, menyatakan cukup puas dengan hasil penghitungan tersebut. Dia menuturkan bahwa pihaknya tidak menemukan kecurangan apa pun, mulai TPS hingga penghitungan di tingkat kabupaten. Meski target 55 persen timnya belum tercapai, lanjut Arif, pihaknya tetap menerima kekalahan tersebut. ’’Pencapaian dalam pilpres di Kabupaten Madiun sekitar 44 persen,’’ ungkapnya.

MADIUN – Pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dipastikan menang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News