Kodam Jaya Siaga Hadapi Banjir

Kodam Jaya Siaga Hadapi Banjir
Foto : Fery Pradolo/INDO.POS
JAKARTA – Kodam Jaya menyiapkan 2.860 personel dan sejumlah peralatan penanggulangan bencana. Itu dilakukan untuk mempersiapkan ibu kota dari serangan banjir. Bulan ini sampai akhir Februari, BMG memprediksi curah hujan di Jakarta akan meningkat.

”Persiapan ini dilakukan setiap tahun untuk antisipasi banjir dan evakuasi pengungsi,” kata Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Liliek A.S. Sumaryo di sela-sela apel gelar pasukan dan material antisipasi penanggulangan banjir dan pengungsi di Makodam Jaya, Jakarta Timur, Selasa (6/1).

Liliek menjelaskan, ada tiga hal yang harus dilakukan untuk menanggulangi bencana banjir, yakni evakuasi korban (pengungsian dan penyelamatan), perawatan korban, serta terakhir rehabilitasi dan rekonstruksi. ”Ada musibah yang bisa diprediksi karena teknologi sudah ada. Kita tidak berharap musibah itu datang dan tidak ada cara apa pun untuk menolaknya, tapi antisipasi musibah lebih diperlukan,” ujarnya.

Seluruh pasukan, menurut Liliek, akan berada di lapangan sesuai kebutuhan sampai kondisi kembali normal dan berada di bawah koordinasi dengan pemerintah DKI Jakarta. ”Kita fokus pada penyelamatan rakyat. Ingat kesatuan, jangan bergerak sendiri-sendiri,” tegasnya.

JAKARTA – Kodam Jaya menyiapkan 2.860 personel dan sejumlah peralatan penanggulangan bencana. Itu dilakukan untuk mempersiapkan ibu kota dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News