Koeman Terapkan Formasi Aneh Buat Barcelona

Koeman Terapkan Formasi Aneh Buat Barcelona
Lionel Messi beraksi saat menghadapi pemain Gimnastic Tarragona Thomas Amang dalam laga persahabatan di Stadion Johan Cruyff Stadium, Barcelona, Minggu (12/9). Foto: REUTERS/ALBERT GEA

jpnn.com, BARCELONA - Entrenador Barcelona Ronald Koeman menggunakan formasi yang tak biasa disaksikan para penggemar klub saat Barca menang 3-1 atas Gimnastic de Tarragona, dalam laga persahabatan pramusim, Minggu (13/9) dini hari WIB.

Pelatih asal Belanda itu menggunakan sistem 4-2-3-1 dengan dua gelandang bertahan.

Formasi ini sangat jarang digunakan oleh para pelatih Barca sebelumnya.

Dia memasang Sergio Busquets dan Carles Alena di tengah pada babak pertama dan kemudian Frenkie de Jong dan Riqui Puig ketika dia mengubah seluruh timnya setelah turun minum.

"Ini mungkin sedikit berbeda dan lebih defensif dengan yang dilihat dalam beberapa tahun terakhir," kata Koeman kepada saluran televisi resmi klub ini.

"Namun, tujuannya adalah menggerakkan bola, menahannya dan menciptakan ruang untuk bermain antarlini, di belakang gelandang lawan. Saya kira tim ini mampu melakukannya karena kami memiliki gelandang-gelandang yang mampu bermain dengan cara itu," imbuhnya.

Ousmane Dembele membuka skor untuk Barca sementara Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho mencetak gol dari titik penalti dalam pertandingan pertama Koeman sejak berhenti dari peran manajer Belanda untuk melatih tim Catalan tersebut.

Pelatih ini memainkan tim berkekuatan penuh pada babak pertama, dengan menurunkan Lionel Messi sejak awal meskipun sang kapten baru berlatih Senin setelah mengakhiri perselisihannya dengan klub.

Barcelona memenangi laga persahabatan, yang merupakan pertandingan pertama untuk Koeman sebagai pelatih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News