Kok Bisa Ban Belakang Mobil Verstappen Kena Kepala Hamilton?

Kok Bisa Ban Belakang Mobil Verstappen Kena Kepala Hamilton?
Pembalap Red Bull Max Verstappen dan driver Mercedes Lewis Hamilton tabrakan saat balapan F1 GP Monza di Autodromo Nazionale Monza, Monza, Italia (12/9). Pembalap McLaren Daniel Ricciardo berhasil menjadi juara pada balapan tersebut. Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Jennifer Lorenzini/aww.

jpnn.com, MONZA - Federasi otomotif internasional FIA bakal menginvestigasi insiden kecelakaan yang melibatkan dua kandidat utama peraih titel juara F1 musim ini Max Verstappen dan Lewis Hamilton, di Grand Prix Italia, Monza, Minggu (12/9).

Direktur balapan Michael Masi mengatakan kendati kecelakaan itu tergolong dalam kecepatan rendah, tetapi para pakar keselamatan FIA tetap akan meninjaunya.

Insiden tabrakan itu membuat mobil Red Bull Verstappen terangkat dan mendarat di atas mobil Mercedes Hamilton, bahkan sisi dalam ban belakang mobilnya mengenai kepala Hamilton yang cukup beruntung terlindungi peranti halo.

"Insiden yang berbeda, tidak harus berdaya G tinggi atau semacam itu, tetapi yang tidak biasa, kami pasti meniliknya," kata Masi dikutip Reuters, Senin.

"Departemen keselamatan kami pasti melihat itu secara detail, menginvestigasi dan melihat apa yang bisa kami pelajari dan apa yang bisa ditingkatkan di masa depan," katanya.

"Kami telah mengumpulkan semua datanya, jadi kami memiliki semua informasi dan akan digunakan semua oleh departemen keselamatan bersama dengan setiap foto dan semuanya yang kami miliki."

Pengawas balapan (steward) menyalahkan pemuncak klasemen sementara Verstappen terkait insiden tersebut dan mengganjarnya dengan penalti mundur tiga posisi start untuk balapan selanjutnya di Rusia.

Adapun Hamilton cukup syok mendapati kepalanya terbentur ban, tetapi bersyukur peranti titanium yang tersemat di atas kokpit mobilnya menyelamatkan nyawanya.

Steward menyalahkan Verstappen terkait insiden tersebut dan mengganjarnya dengan penalti mundur tiga posisi start.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News