Calon Panglima TNI Segera Diuji, 5 Masalah Ini Harus Diatasi

Calon Panglima TNI Segera Diuji, 5 Masalah Ini Harus Diatasi
Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin soal calon Panglima TNI. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin menjelaskan gambaran pertanyaan dalam uji kelayakan dan kepantasan atau fit and proper test yang akan segera digelar untuk menguji calon Panglima TNI.

Legislator PDI Perjuangan itu menuturkan ada lima poin pertanyaan untuk calon Panglima TNI dalam fit and proper test tersebut.

Pertanyaan pertama ialah seputar apa upaya Panglima TNI ke depan dalam menjaga dan meningkatkan disiplin para prajurit TNI.

Pertanyaan kedua ialah tentang Minimum Essential Force (MEF) atau Kekuatan Pokok Minimum TNI.

"Bgaimana upaya Panglima TNI dalam usaha menyelesaikan Renstra III MEF," kata TB Hasanuddin dalam keterangannya, Kamis (24/11).

Adapun pertanyaan ketiga ialah bagaimana upaya Panglima TNI meningkatkan profesionalisme prajurit melalui latihan dan pendidikan, terutama dalam menghadapi ancaman aktual.

"Keempat, bagaimana upaya Panglima TNI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan prajurit," kata mantan sekretaris militer (sesmil) presiden itu.

Terakhir, pria yang beken disapa dengan panggilan Kang TB itu bakal menanyakan ikhtiar Panglima TNI untuk menjaga tentara tetap netral dalam pesta demokrasi seperti pilpres, pileg, dan pilkada.

Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengatakan ada beberapa hal yang akan ditanyakan saat fit and proper test terhadap calon Panglima TNI usulan Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News