Komisi X Kunjungi Kampus Serap Aspirasi soal MBKM

Komisi X Kunjungi Kampus Serap Aspirasi soal MBKM
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengaku menyerap berbagai aspirasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MKBM). Ilustrasi Foto: Humas UM Surabaya

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengaku menyerap berbagai aspirasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MKBM).

Menurut dia, beberapa perguruan tinggi menyambut baik program Pasalnya, program tersebut dinilai membantu dunia pendidikan serta SDM Indonesia lebih memiliki daya saing.

Namun, dalam pelaksanaannya masih banyak yang harus dibenahi, sehingga tujuan meningkatkan kemampuan SDM benar-benar terwujud.

“Kami dari Komisi X DPR sangat senang sekali karena mendapatkan suatu informasi terkait dinamika dan juga saran-saran untuk pelaksanaan MBKM ini,” ujar Hetifah saat memimpin Tim Kunker Panja MBKM Komisi X DPR RI di Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, Banten, Jumat (12/11).

Hetifah mencontohkan ketika perguruan tinggi swasta memastikan bobot 20 SKS untuk belajar di luar program studinya. Bagiamana cara pengaturannya dan kesiapan sarana dan prasarana yang dimiliki perguruan tinggi.

“Banyak sebetulnya hal yang telah kami gali, hasil dari sini akan kami olah menjadi satu rekomendasi dan saya meyakini Kemendikbudristek akan mengakomodir masukan ini agar MBKM ini lebih efektif,” tutur politisi Fraksi Partai Golkar itu.

Menurut dia, UPH sebelumnya memiliki program yang hampir sama dengan MKBM. Salah satunya melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri dan juga Project Community Service Learning (PCSL).

“Intinya best practice ini perlu kita sebarluaskan juga, namun juga tadi ada beberapa masukan dari perguruan tinggi swasta lain, jadi semua itu tentunya menjadi masukan yang berharga. InsyaAllah menjadi sesuatu untuk meningkatkan kualitas dari MBKM kita,” imbuh wakil rakyat dapil Kaltim ini.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengaku menyerap berbagai aspirasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MKBM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News