Komisi X Protes PPN Sekolah, Jawaban Mas Nadiem Mengambang

Selasa, 15 Juni 2021 – 16:14 WIB
Komisi X Protes PPN Sekolah, Jawaban Mas Nadiem Mengambang - JPNN.com
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menanggapi protes Komisi X DPR RI soal PPN Sekolah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi X DPR RI terang-terangan menolak pajak pertambahan nilai (PPN) 12 persen pada sektor jasa pendidikan, termasuk di antaranya sekolah.

Pernyataan keberatan disampaikan seluruh fraksi saat rapat kerja Komisi X DPR dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim pada Selasa (15/6).

"Fraksi PDI Perjuangan melihat PPN sekolah mengkhianati amanat konstitusi karena itu kami dengan tegas menolak," kata Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng Pramestuti.

Dia meminta Nadiem Makarim bersikap tegas untuk tidak menerima usulan penarikan pajak sekolah.

Senada itu Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf berharap sikap Nadiem sama dengan dewan. Jika sekolah dipajaki, imbasnya orang tua yang kesulitan memenuhinya.

Politikus asal Jawa Barat itu mengungkapkan, saat pandemi Covid-19 banyak orang tua murid yang kehilangan pekerjaan, ekonomi morat-marit. 

"Untuk memenuhi kebutuhan harian saja sudah sulit apalagi kalau sekolah dipajaki. Di mana hati nurani kita kalau menambah beban orang tua yang sudah susah," ujarnya.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKS Ledia Hanifa Amaliah mengingatkan Nadiem, sektor pendidikan ialah nirlaba sehingga tidak mencari keuntungan. Jika kemudian diterapkan PPN 12 persen, otomatis akan ada komersialisasi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...