Komnas HAM RI Usulkan Dialog Damai 3 Pihak di Papua

Komnas HAM RI Usulkan Dialog Damai 3 Pihak di Papua
Rapat Komnas HAM RI dan Polda Papua di Jayapura (Humas Polda Papua)

jpnn.com, JAYAPURA - Komnas HAM RI kini sedang mengusulkan dialog damai di Papua antara pemerintah, OPM, dan para Tokoh.

Hal itu diungkapkan Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik, di Jayapura Senin (21/3) saat melakukan pembahasan terkait Perlindungan HAM & Situasi Keamanan di wilayah Papua, 

Menurutnya pengusulan dialog tersebut sudah disetujui para petinggi negara.

"Terkait tindak lanjut kami masih menunggu, yang jelas Pihaknya mohon agar kerjasama Komnas HAM Papua dengan Polda Papua untuk terus ditingkatkan,” ucapnya.

Ahmad menyampaikan Koordinasi Komnas HAM dengan Polri tidak hanya ada di Papua tetapi juga terdapat diseluruh Indonesia.

“Oleh Karena itu saya sampaikan penegakan hukun di Papua tetap harus dilakukan dan tidak hanya koridor-koridor yang diperhatikan," ujar Ahmad

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, mengatakan situasi di Papua sangat landai hanya saja ada beberapa kejadian di Yahukimo yang menimbulkan korban jiwa juga harta benda.

“Isu DOB mulai meningkat khususnya terkait aksi unras penolakan, kita harap kedepannya tidak terjadi korban jiwa baik dari masyarakat maupun aparat keamanan seperti yang terjadi di Yahukimo kemarin,” ucap Kapolda.

Komnas HAM RI mengusulkan dialog damai di Papua antara pemerintah, OPM, dan para tokoh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News