Komnas HAM Ungkap Pembicaraan dengan PBB soal Papua

Komnas HAM Ungkap Pembicaraan dengan PBB soal Papua
Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI telah menyampaikan perkembangan pemajuan dan penegakan hak asasi manusia di Indonesia kepada PBB, salah satunya soal Papua.

Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik menyebut perkembangan itu disampaikan langsung kepada Komisioner Tinggi HAM PBB Michelle Bachelet di Jenewa, Swiss.

"Termasuk menyampaikan penyelesaian beberapa kasus yang menjadi perhatian publik maupun tantangan yang sedang dihadapi," kata Taufan Damanik melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (16/6).

Pada pertemuan itu kedua lembaga juga membahas soal inisiatif dialog damai Papua yang digagas oleh Komnas HAM RI.

Taufan menyebut Komnas HAM percaya dialog damai Papua dapat terwujud sembari berharap makin banyak pihak yang memberikan dukungan terhadap inisiatif yang ada.

"Inisiatif dialog damai Papua sebagai upaya pendekatan penyelesaian berbagai masalah hak asasi manusia di Papua," ucapnya.

Taufan yang didampingi dua komisioner lainnya, Beka Ulung Hapsara dan Mochamad Choirul Anam juga menyampaikan perubahan terkait kemajuan kebijakan HAM dan hambatan yang masih terjadi.

Sementara itu, Komisioner Tinggi HAM PBB Michelle Bachelet menyampaikan apresiasi atas langkah Komnas HAM RI khususnya terkait inisiatif dialog damai Papua.

Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik mengungkap pembicaraannya dengan Komisi Tinggi HAM PBB soal Papua. Simak penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News