Kompak, Mahasiswa Kedokteran Kuliah dengan Busana Hitam

Kompak, Mahasiswa Kedokteran Kuliah dengan Busana Hitam
Kompak, Mahasiswa Kedokteran Kuliah dengan Busana Hitam

PALEMBANG – Penampilan para mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unsri sedikit berbeda. Kemarin, mereka kompak mengenakan busana hitam. Meski tidak demo atau unjuk rasa, itu cara mereka menunjukkan solidaritas atas penahanan dokter kandungan yang diduga malapraktik hingga korbannya meninggal di Manado.

     

Diungkap Gubernur Mahasiswa BEM FK Unsri, Achmad Dodi M, sebagai calon dokter masa depan, mereka ikut terpukul atas kriminalisasi dokter tersebut. Dengan beban profesi sebagai dokter, mereka akan selalu diancam ketakutan karena tidak mampu menyembuhkan pasien. Padahal, dokter bukanlah Tuhan.

    

“Itu jelas, pasien mati bukan karena disengaja. Tapi malah dituduh malapraktik. Makanya, sebagai bentuk solidaritas, kami mengenakan pakaian hitam selama tiga hari, mulai 20-22 November. Ini juga bentuk protes dan permintaan kami untuk bebaskan teman sejawat yang ditahan,” kata Dodi saat dibincangi Sumatera Ekspres (Grup JPNN) di kampusnya, kemarin.

    

Dengan kriminalisasi ini, lanjutnya, terlihat profesi seorang dokter kurang dihargai. Padahal, semuanya tahu betapa besarnya peran dokter dalam membantu kesehatan masyarakat di Indonesia. “Kasus ini  menyentuh nurani kami. Ini jelas kriminalisasi dokter,” tegasnya.

    

PALEMBANG – Penampilan para mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unsri sedikit berbeda. Kemarin, mereka kompak mengenakan busana hitam. Meski

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News