Kompetisi Sepak Bola di Indonesia Kembali Bergulir, Begini Reaksi Ketua Komisi X DPR

Kompetisi Sepak Bola di Indonesia Kembali Bergulir, Begini Reaksi Ketua Komisi X DPR
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. Foto: Humas DPR Ri

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menyambut gembira rencana bergulirnya kembali kompetisi sepak bola di Tanah Air yang ditandai dengan penyelenggaraan Piala Menpora 2021.

Momentum ini seharusnya menjadi peluang bagi industri sepak bola di Tanah Air untuk rebound.

“Kami tentu menyambut gembira bergulirnya Turnamen Piala Menpora 2021, karena hal itu merupakan bagian komitmen di Komisi X untuk mendorong segera bergulirnya kompetisi sepak bola di Tanah Air. Kami berharap turnamen ini menjadi pintu masuk bagi bergulirnya Kompetisi Liga I dan Liga II dalam waktu dekat,” ujar Syaiful Huda, Sabtu (20/2/2021).

Dia mengatakan sepak bola di Indonesia telah menjadi industri besar. Ratusan ribu orang hidupnya bergantung dari sektor ini. Mulai dari pemain, pelatih, perangkat pertandingan, industri konveksi, hingga UMKM.

“Berhentinya kompetisi sepak bola selama satu tahun terakhir terbukti telah banyak berdampak pada kehidupan pemain, pelatih, hingga pelaku UMKM, maka rencana bergulirnya turnamen Piala Menpora 2021 akan Kembali menggerakkan roda-roda ekonomi di seputar sepak bola Indonesia,” katanya.

Huda menilai bergulirnya roda kompetisi juga akan berdampak pada berlanjutnya kembali pembinaan bibit-bibit pemain potensial sepak bola Indonesia.

Menurutnya, potensi pemain Indonesia tidak kalah dengan pemain lain di Kawasan Asia. Terbukti beberapa pemain Indonesia saat ini diminati oleh beberapa klub Eropa dan Asia.

“Pemain seperti Bagus Kahfi yang dikontrak FC Utrecht, Belanda, lalu Asnawi Mangkualam yang dikontrak Ansan Greeners Korea Selatan, dan Saddil Ramdani yang dikontrak Sabah FA menjadi bukti jika pemain Indonesia cukup potensial untuk berkembang. Potensi ini tidak akan terwujud jika kompetisi sepak bolanya mandek,” katanya.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda merespons rencana bergulirnya kembali kompetisi sepak bola di Tanah Air yang ditandai dengan penyelenggaraan Piala Menpora 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News