JPNN.com

Komplotan Hacker TipTop Kena Ringkus, Spesialis Pembobol Ponsel Android

Jumat, 30 Agustus 2019 – 20:01 WIB Komplotan Hacker TipTop Kena Ringkus, Spesialis Pembobol Ponsel Android - JPNN.com

jpnn.com - Komplotan hacker dari Rusia bernama TipTop akhrinya diringkus kepolisian Rusia. Diyakini, TipTop sudah berhasil membobol sedianya 800 ribu ponsel Android dengan malware.

Dari 800 ribu ponsel Android yang dibobol, komplotan TipTop mampu mengeruk keuntungan mulai USD 1.500 sampai USD 10.500 per harinya.

BACA JUGA: Hacker Curi Ratusan Juta Data Nasabah Bank AS, Terbesar Sepanjang Sejarah

TipTop beroperasi dengan menyewa trojan banking untuk Android di forum 'underground', yang kemudian disusupkan ke dalam aplikasi Android yang didistribusikan lewat iklan mesin pencari dan app store pihak ketiga, lansir Zdnet.

Keberhasilan polisi Rusia menangkap komplotan TipTop tidak lepas dari bantuan perusahaan keamanan cyber bernama Group-IB.

Malware yang paling sering digunakan oleh TipTop adalah Hqwar (Agent.BID), yang merupakan trojan banking, yang mereka sewa dan digunakan di mayoritas aksinya.

Hqwar bisa membaca SMS, merekam panggilan telepon, dan melakukan permintaan USSD. Namun fungsi utamanya adalah untuk menampilkan login screen palsu ketika pengguna membuka aplikasi perbankan yang asli, dari situ mereka bisa mencuri informasi login milik si korban.

Group-IB menyebut target utama dari TipTop adalah nasabah di bank Rusia, yang membuat pihak berwajib di Rusia meningkatkan fokus pada grup ini. Hasilnya adalah ketika Group-IB berhasil menemukan salah seorang anggota TipTop, yaitu seorang pria berusia 31 tahun yang berasal dari kota Krasnoyarsk, Rusia. (mg8/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...