Kompol I Nyoman Punia: Situasi Kamtibmas Kabupaten Puncak Makin Kondusif

Kompol I Nyoman Punia: Situasi Kamtibmas Kabupaten Puncak Makin Kondusif
Pelaksana Tugas Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia (ANTARA/Evarianus Supar)

jpnn.com, TIMIKA - Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kabupaten Puncak, Papua, makin kondusif. 

Warga bisa melakukan berbagai aktivitas untuk menunjang kehidupan mereka. 

“Sudah makin kondusiflah, baik penerbangan maupun kegiatan masyarakat di pasar, berkebun, beternak sudah kembali normal,” kata Pelaksana tugas Kapolres Puncak Komisaris Polisi I Nyoman Punia saat ditemui di Timika, Rabu (14/7).  

I Nyoman Punia pun memohon dukungan dan doa dari semua pihak agar situasi yang sudah aman di Kabupaten Puncak itu bisa terus dipelihara dan dipertahankan. 

Dia mengakui sempat terjadi insiden teror penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat acara adat 'bakar batu' di Ilaga, Kamis (8/7) lalu.

Kegiatan adat 'bakar batu' itu dimaksudkan untuk rencana pemulangan beberapa kelompok masyarakat yang sebelumnya datang mengamankan diri di Ilaga, karena diteror oleh KKB di kampung halaman mereka.

"Setelah dua bulan berlalu masyarakat yang selama ini datang mengamankan diri di Ilaga hendak pulang kembali ke kampung halaman mereka karena situasi sudah kondusif. Makanya diadakan acara adat bakar batu yang difasilitasi oleh Pemda Puncak bersama TNI dan Polri," jelas dia.

Menurutnya, saat acara itu berkumpul sejumlah warga di Ilaga. 

Pelaksana tugas Kapolres Puncak, Papua, Kompol I Nyoman Punia menegaskan situasi kamtibmas Puncak makin kondusif. Sebelumnya, sempat terjadi aksi teror oleh KKB saat acara adat bakar batu.