JPNN.com

Kongres Partai Komunis Berakhir, Presiden Makin Kuat

Kamis, 26 Oktober 2017 – 06:06 WIB Kongres Partai Komunis Berakhir, Presiden Makin Kuat - JPNN.com

jpnn.com, BEIJING - Presiden Xi Jinping resmi menerima mandat dari Partai Komunis Tiongkok alias Chinese Communist Party (CCP) untuk melanjutkan kepemimpinannya kemarin, Rabu (25/10).

Selain Perdana Menteri (PM) Li Keqiang, dia menunjuk lima pejabat tinggi untuk duduk di Standing Committee (SC) Politburo.

Kendati anggota politburo genap tujuh orang, komposisi yang Xi umumkan kali ini langsung memantik kritik. Sebab, tidak ada anggota yang berusia kurang dari 60 tahun.

Satu-satunya yang berumur 60 tahun adalah Zhao Leji. Dia menggantikan Wang Qishan sebagai kepala badan antikorupsi Negeri Panda. Wang merupakan sekutu dekat Xi. Dia tidak lagi menjabat karena faktor usia. Yakni, 69 tahun.

Xi menuai apresiasi positif karena mengganti Wang dengan Zhao yang usianya sembilan tahun lebih muda. Namun, presiden 64 tahun itu dianggap tidak mempersiapkan pengganti bagi dirinya sendiri di dalam CCP.

’’Itulah sinyal bahwa Xi masih ingin menjabat lagi sampai periode ketiga. Tampaknya, dia sendiri nanti yang mempersiapkan penggantinya,’’ kata Joseph Fewsmith, pakar politik Tiongkok di Boston University.

Jika itulah yang terjadi, Xi bakal menjadi presiden pertama Tiongkok yang menjabat sampai tiga periode. Dua pendahulu Xi, Hu Jintao dan Jiang Zemin, masing-masing menjabat selama dua periode.

’’Kami belum pernah melihat yang seperti ini selama dua dekade terakhir,’’ terang Fewsmith tentang presiden Tiongkok tiga periode. Karena itu, dia menganggap Xi sebagai presiden yang ambisius.

Sumber Jawa Pos

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...