Konon Harga Minyak Goreng Sudah Rp 14 Ribu Lho, Coba Cek!

Konon Harga Minyak Goreng Sudah Rp 14 Ribu Lho, Coba Cek!
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meninjau harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Ciracas, Jakarta Timur. Foto: Wenti Ayu/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengklaim harga minyak goreng sudah turun menjadi Rp 14 ribu per liter.

Hal itu dia katakan saat melakukan kunjungan ke Pasar Ciracas, Jakarta Timur dalam rangka memantau ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok, khususnya minyak goreng.

Menurut Zulhas, sapaan akrabnya, kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil kini ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditentukan pemerintah.

"Setelah berdialog dengan pedagang serta masyarakat, saya senang karena sesuai ikhtiar dan janji saya belum satu bulan minyak goreng di Jawa dan Bali sudah aman dengan harga sesuai HET," ujar Zulhas, Selasa (5/7).

Berdasarkan pantauan harian Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan di 216 pasar seluruh Indonesia, harga minyak goreng curah secara rata-rata untuk Jawa-Bali sudah di bawah HET.

Per 1 Juli 2022, rata-rata harga minyak goreng curah sudah Rp 13.900 per liter, turun 11 persen jika dibandingkan bulan lalu.

"Ini tersedia di 15.375 pengecer mitra pemerintah yang tersebar di 241 kabupaten/kota di 25 provinsi," kata Zulhas.

Selain itu, Zulhas Tidak hanya meninjau minyak goreng, tetapi juga harga barang kebutuhan pokok lainnya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengklaim harga minyak goreng sudah turun menjadi Rp 14 ribu per liter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News