Konon Tarif KRL Jabodetabek Bakal Naik, Cek Dulu Fakta dari Kemenhub

Konon Tarif KRL Jabodetabek Bakal Naik, Cek Dulu Fakta dari Kemenhub
DJKA Kemenhub membeberkan informasi terkait informasi kenaikan tarif KRL Jabodetabek. Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membeberkan informasi terkait informasi kenaikan tarif KRL Jabodetabek.

Plt. Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal memastikan tidak akan ada penyesuaian tarif KRL Jabodetabek hingga akhir 2022.

Risal meminta masyarakat agar tidak perlu khawatir mengenai penyesuaian tarif KRL.

Sebab, saat ini pemerintah masih mengkaji ulang besaran tarif yang sesuai agar tidak memberatkan masyarakat dan tidak terlalu membebankan anggaran PSO.

“Semoga tahun depan akan ada kabar baik mengenai tarif KRL ini,” kata Risal dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Kemenhub memastikan kajian penetapan tarif memperhatikan tingkat kemampuan dan kemauan masyarakat untuk membayar tarif KRL, sekaligus menimbang beban operasional dan kebutuhan subsidi Public Service Obligation (PSO) yang akan dianggarkan.

“Peningkatan tarif operasional KRL Jabodetabek selalu dan pasti terjadi setiap tahunnya, sehingga membuat beban PSO terus meningkat untuk menstabilkan tarif KRL ini,” ujarnya.

Adapun peningkatan tarif operasional KRL Jabodetabek selalu terjadi akibat inflasi yang menyebabkan terjadinya peningkatan komponen-komponen biaya yang dibutuhkan.

DJKA Kemenhub membeberkan informasi terkait informasi kenaikan tarif KRL Jabodetabek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News