Konsisten Tonjolkan Budaya Minang, Go Internasional

Konsisten Tonjolkan Budaya Minang, Go Internasional
GARAP BUSANA MUSLIMAH: Ade Listiani, desainer yang berkibar hingga go internasional. Foto: dokumen pribadi for Padang Ekspres

jpnn.com - jpnn.com - Ade Listiani konsisten menghasilkan karya dengan spesialisasi desain kebaya dan baju muslim. Konsistensi dalam berkarya ini yang membuat pemilik nama asli Raden Ayu Alfianingsih ini terus berkibar hingga go internasional.

Hijrah Adi Sukrial-Padang

Bagi Ade—panggilannya—profesi desainer adalah profesi tak henti berproses menghasilkan karya-karya baru, berbeda, menarik, inovatif dan inspiratif. Berkat prinsip itu pulalah membuatnya menjadi desainer produktif.

Untuk bisa mencapai tahap itu, menurut dia, dibutuhkan kemaunan terus menerus belajar dan menggali kebudayaan dari berbagai daerah.

Dalam berkarya, Ade fokus kepada busana muslim dengan menonjolkan kebudayaan Minang, serta batik.

Salah satu karyanya yang terkenal adalah sulaman tusuk peniti (samek). Karya ini salah satu teknik sulam yang berkembang di Pariaman.

Sulaman ini memiliki teknik khas yang dulunya sering memperindah selendang wanita Minangkabau. Namun sering berkembangnya dunia fashion, Ade menjadikannya untuk busana.

Teknik sulaman ini lebih kepada keterampilan penyulam. Di mana, dasar kain yang akan digunakan ditusuk (dimasukkan) benang. Sehingga, memenuhi motif atau lukisan yang diinginkan.

Ade Listiani konsisten menghasilkan karya dengan spesialisasi desain kebaya dan baju muslim. Konsistensi dalam berkarya ini yang membuat pemilik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News