Kontingen SEA Games Vietnam 2021 Dipangkas, Ketua Komisi X DPR Bereaksi, Simak

Kontingen SEA Games Vietnam 2021 Dipangkas, Ketua Komisi X DPR Bereaksi, Simak
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. Foto: Dok.JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda bereaksi sekaligus mempertanyakan terhadap Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora terkait pemangkasan jumlah Kontingen Indonesia dalam SEA Games Vietnam 2021.

Syaiful Huda meminta Tim PPON menyampaikan hasil review mereka secara transparan ke publik.

“Keputusan pemangkasan jumlah kontingen Indonesia dalam SEA Games Vietnam ini memicu banyak spekulasi liar. Baiknya Tim Review PPON membuka data mereka yang menjadi dasar kenapa satu atlet diberangkatkan yang lain tidak, kenapa satu cabang harus berangkat cabang yang lain tidak,” ujar Syaiful Huda, Jumat (22/4/2022).

Huda mengungkapkan pemangkasan jumlah kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam membuat publik penasaran. Mereka mempertanyakan alasan pemangkasan, waktu yang mendadak, hingga bertanya-tanya apa itu PPON yang punya kewenangan begitu besar.

“Rasa penasaran tersebut juga tergambar dari berbagai perbincangan publik di media sosial maupun beragam kritik yang disampaikan melalui media massa,” ujar Huda.

Rasa penasaran publik tersebut, kata Huda bisa dilihat dari reaksi mereka saat mengetahui tim putra futsal dicoret dari kontingen SEA Games Vietnam karena dinilai tidak berpotensi mencetak medali.

Padahal di sisi lain tim futsal putra Indonesia kerap mencetak prestasi membanggakan. Terakhir mereka mampu meraih posisi runner up dalam Piala AFF 2022 di Thailand.

“Akhirnya atas desakan yang begitu kuat dari publik, Kemenpora dan Federasi Futsal Indonesia menganulir keputusan pencoretan dan memberangkatkan timnas putra futsal ke SEA Games Vietnam,” katanya.

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda bereaksi terhadap Tim Review PPON Kemenpora terkait pemangkasan jumlah Kontingen Indonesia dalam SEA Games Vietnam 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News