Kopassus Gelar Ekspedisi NKRI ke Papua Barat, Ini Bekal dari Mbak Puan

Kopassus Gelar Ekspedisi NKRI ke Papua Barat, Ini Bekal dari Mbak Puan
Menko PMK Puan Maharani dan Danjen Kopassus Mayjen Muhammad Herindra di Pusdikpassus Bandung Barat, Jawa Barat. Foto: Kemenko PMK for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Joko Widodo telah mencanangkan pembangunan tidak hanya terfokus di Jawa. Karenanya, potensi-potensi di luar Jawa termasuk di kawasan terpencil dan perbatasan pun akan digali demi menggenjot upaya membangun Indonesia dari pinggiran.

Dalam rangka itu pula Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenko PMK) punya program andalan hasil kerja sama dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Nama programnya adalah Ekspedisi NKRI yang bertujuan mendata potensi-potensi di berbagai daerah sekaligus penataan peta perbatasan.

Menurut Menko PMK Puan Maharani, Ekspedisi NKRI ini sangat relevan dalam menunjang agenda Nawacita yang diusung pemerintahan saat ini. Ia ingin semangat membangun Indonesia dari pinggiran itu juga ada di kalangan muda.

“Yaitu kembali meneguhkan kedaulatan negara, ikut melaksanakan pembangunan dari pinggiran, dan ikut melaksanakan pembangunan karakter bangsa khususnya bagi generasi muda dengan menggelorakan semangat nasionalisme dan patriotisme membangun bangsa,” ujar Puan saat memberi pembekalan kepada peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) di Batujajar, Bandung Barat, Jumat (15/1).

Puan menjelaskan, sebelumnya Kemenko PMK juga sudah meluncurkan Ekspedisi NKRI tahap pertama yang berakhir di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Politikus PDIP itu menyebut hasil Ekspedisi NKRI tahap pertama cukup memuaskan.

Namun demikian Puan juga berharap Ekspedisi NKRI untuk koridor Papua Barat yang diikuti 1000 perserta itu tidak kalah dibandingkan tahap pertama. Sebab, jumlah peserta Ekspedisi NKRI tahap II itu jauh lebih besar daripada yang pertama. “Saya harapkan ekspedisi kali ini hasilnya lebih baik lagi dari yang sebelumnya,” kata polisi yang lebih sering disapa dengan panggilan Mbak Puan itu.

Puan menambahkan, data lapangan yang dikumpulkan dari Ekspedisi NKRI itu akan membuka peluang untuk membangun potensi wilayah yang dijelajahi. “Dengan data itulah nanti akan diketahui dengam lebih baik, apa yang perlu dibangun, apa yang kurang di Papua Barat,” katanya.

Sedangkan Komandan Jenderal Kopassus, Mayjen TNI Muhammad Herindra mengatakan,  Ekspedisi NKRI sudah menjadi agenda rutin sejak 2013. Menurutnya, penjelajahan Koridor Papua Barat itu merupakan Ekspedisi NKRI keenam.

JAKARTA - Pemerintah Joko Widodo telah mencanangkan pembangunan tidak hanya terfokus di Jawa. Karenanya, potensi-potensi di luar Jawa termasuk di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News