JPNN.com

Koperasi Kunci Indonesia jadi Negara Ekonomi Terkuat Tahun 2030

Kamis, 03 Oktober 2019 – 20:20 WIB Koperasi Kunci Indonesia jadi Negara Ekonomi Terkuat Tahun 2030 - JPNN.com
Berkoperasi itu keren. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Cara produsen memasarkan produknya harus disesuaikan dengan era revolusi industri 4.0.

Kehadiran teknologi digital baru dalam era tersebut membuat generasi milenial semakin terhubung dengan internet.

Wakil Ketua Generasi Optimis (GO) Indonesia Frans Meroga Panggabean optimistis terhadap visi Indonesia untuk maju di tahun 2030sebagai jajaran top 5 negara ekonomi terkuat di dunia. Salah satu kunci untuk mencapai target tersebut adalah melahirkan gairah baru generasi milenial untuk berkoperasi.

“Itu terjadi karena nilai-nilai koperasi, seperti demokrasi, kesetaraan, keadilan dan lainnya, selaras dengan gaya hidup milenial yang mereka citakan,” ujar Frans dalam keterangannya, Kamis (3/10).

Menurut Frans, milenial merupakan generasi yang menolak bentuk feodalisme dalam politik dan juga pastinya ekonomi. Bagi para milenial yang suka gaya hidup demokratis dan egaliter, model startup cooperative akan sangat sesuai. Bentuk koperasi lebih menjawab hal tersebut daripada perseroan di mana pemilik modal berkuasa penuh.

Terlepas dari reputasinya masih terseok-seok, koperasi yang bertumpu pada kekuatan anggotanya sebenarnya telah terbukti mampu bersanding dengan kekuatan korporat bermodal besar di berbagai belahan dunia.

"Terlebih jargon 'Berkoperasi Itu Keren' dalam beberapa waktu terakhir sering dikumandangkan oleh GO Indonesia," ujarnya.

Praktisi koperasi dan UMKM ini menjelaskan, kekuatan ekonomi kerakyatan Indonesia yang berbasis pada semangat gotong royong seharusnya mampu menciptakan rasa keadilan bagi ekonomi Indonesia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...