Korban Jiwa Gempa Suriah Sudah Tembus 1.200 Orang

Korban Jiwa Gempa Suriah Sudah Tembus 1.200 Orang
Korban gempa di Provinsi Idlib, Suriah, menunggu mendapat perawatan, Senin (6/2). Dua gempa berkekuatan di atas 7SR yang mengguncang Suriah dan Turki pagi tadi telah menewaskan sedikitnya 1.800 orang. FOTO: Aaref WATAD / AFP

jpnn.com, DAMASKUS - Setidaknya 2.802 orang di Suriah tewas dan ribuan lainnya luka-luka akibat serangkaian gempa dahsyat dengan magnitudo 7,8 yang berpusat di bagian selatan Turki, Senin (6/2) pagi, menurut angka yang dihimpun pada Rabu.

Kementerian Kesehatan rezim Suriah mengatakan setidaknya 1.262 orang tewas dan 2.285 lainnya terluka di provinsi Aleppo, Latakia, Hama dan Tartus.

Keempat wilayah tersebut merupakan wilayah yang paling parah terdampak gempa bumi di Suriah selain juga Homs.

Sementara itu, menurut laporan Pertahanan Sipil Suriah, terdapat sedikitnya 1.540 orang meninggal dunia dan lebih dari 2.750 lainnya mengalami luka di daerah yang dikuasai oposisi di bagian barat laut Suriah.

Selain itu, sebagian besar bangunan di daerah yang dikuasai oposisi di utara Suriah juga hancur. Wilayah tersebut menjadi tempat tim penyelamat yang sedang mencari korban.

Adapun total korban tewas akibat gempa bumi di Turki dan Suriah hingga Rabu sudah melewati angka 11.000.

Setelah bencana dahsyat tersebut, ucapan duka cita kepada Turki dan Suriah mengalir dari para pemimpin dunia seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China XI Jinping.

Sejumlah pemimpin lainnya, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, sudah menawarkan bantuan kepada Turki, termasuk mengirimkan tim penyelamat. (ant/dil/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Selain itu, sebagian besar bangunan di daerah yang dikuasai oposisi di utara Suriah juga hancur. Wilayah tersebut menjadi tempat tim penyelamat


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News