Koridor 1 LRT Jakarta Siap Dioperasikan

Koridor 1 LRT Jakarta Siap Dioperasikan
Ilustrasi proyek LRT. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah tahun ini berkomitmen untuk menyelesaikan serta mengoperasikan berbagai proyek infrastruktur perkeretaapian.

Dimulai dari pembangunan double-double track lintas Manggarai – Cikarang, MRT Phase I lintas Bundaran HI – Lebak Bulus, LRT Jabodebek lintas (Cawang – Cibubur, Cawang – Dukuh Atas dan Cawang – Bekasi Timur) dan LRT Jakarta Koridor 1 lintas Velodrome – Kelapa Gading.

"LRT Jakarta Koridor 1 sebagai salah satu dari proyek perkeretaapian tersebut, dalam waktu dekat akan dioperasikan untuk melayani masyarakat," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri.

LRT sepanjang ± 5,7 km ini akan melayani masyarakat dengan layanan yang melewati lima stasiun yaitu: sta. Velodrome, sta. Pacuan Kuda, sta. Pulo Mas, sta. Kelapa Gading Boulevard dan sta. Kelapa Gading.

Selain pembangunan jalur KA dan beberapa stasiun, juga turut dibangun Depo sarana LRT Jakarta di wilayah Kelapa Gading.

"Saat ini, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sedang dan telah melaksanakan pengujian-pengujian terkait kesiapan LRT Jakarta untuk bisa dioperasikan. Pengujian-pengujian ini dilaksanakan untuk memastikan kelaikan untuk jaminan persyaratan teknis dan operasional baik itu prasarananya maupun sarananya," jelas dia.

Dalam proses pengujian yang dilaksanakan oleh Ditjen Perkeretaapian tersebut, ada beberapa rekomendasi yang harus ditindaklanjuti oleh PT. LRT Jakarta dan PT. Jakpro.

"Rekomendasi terkait penyelesaian depo maupun persinyalan merupakan salah satu rekomendasi yang saat ini masih harus ditindaklanjuti oleh PT. LRT Jakarta dan PT. Jakpro sehingga LRT Jakarta Koridor 1 ini siap beroperasi," kata dia.

Dengan dibangunnya LRT Jakarta secara bertahap ini diharapkan bisa mempercepat penyelesaian serta pengoperasian LRT Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News