Koruptor Pasti Malu Mendengar Kisah Orang-Orang yang Bertemu Pak Ganjar Ini

Koruptor Pasti Malu Mendengar Kisah Orang-Orang yang Bertemu Pak Ganjar Ini
Gubernur Ganjar Pranowo memberikan penghargaan Tokoh Teladan Kejujuran Jawa Tengah. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Mulyadi (45) tak menyangka, dompet cokelat yang ditemukannya di jalanan pada 2018 lalu menjadi jalan untuk bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Kejujuran pemulung yang biasa mengais rosok di Kartasura Sukoharjo ini ternyata mengetuk hati Ganjar untuk mengundangnya.

Tak sendiri, ternyata Ganjar juga mengundang sejumlah orang yang mengedepankan kejujuran dalam setiap kehidupan.

Ada pemulung, penjual sayur dan gorengan keliling, driver ojek online, karyawan swasta dan masyarakat lainnya. Dengan duduk lesehan dan memakai sarung di rumah dinasnya, Senin (7/12), Ganjar dengan bahagia mendengar kisah-kisah kejujuran dari warganya itu jelang peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), 9 Desember nanti.

Kepada Ganjar, Mulyadi menceritakan bahwa kisahnya terjadi pada 2018 lalu, saat dia sedang mengais barang rongsok sambil menambal jalan di Jalan Raya Solo-Semarang. Ketika itu, dia menemukan dompet jatuh berwarna cokelat yang di dalamnya berisi uang Rp15 juta.

"Kulo tingali enten duite (saya lihat ada uangnya). Kathah pak, lembaran abang (banyak pak, lembaran merah ratusan ribu). Akhire kulo nunggu sing duwe ning pinggir dalan nganti magrib (saya nunggu pemiliknya di pinggir jalan sampai magrib)," kata Mulyadi.

Akhirnya, pemilik dompet itu lanjut Mulyadi datang mencari dompet yang jatuh itu.

Setelah bertemu pemiliknya, dompet berisi uang itu langsung dikembalikan Mulyadi.

Gubernur Ganjar Pranowo menemui sejumlah warga dan memberikan piagam penghargaan sebagai Tokoh Teladan Kejujuran Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News