Korut Cetak Koin Emas untuk Mengenang Nenek Kim Jong Un

Korut Cetak Koin Emas untuk Mengenang Nenek Kim Jong Un
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto: Newsweek

jpnn.com, PYONGYANG - Pemerintah Korea Utara akan mengeluarkan koin emas dalam rangka memperingati hari kelahiran Kim Jong Suk. Lahir pada 24 Desember 1917, Kim Jong Suk adalah istri Kim Il Sung, ibu Kim Jong Il dan nenek pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un.

Keputusan mencetak koin untuk mengenang Kim Jong Suk disampaikan Presidium Majelis Tertinggi Rakyat Korea pada 11 Desember lalu. Selain berupa koin emas, pemerintah Korea Utara juga akan mencetak koin perak.

Potret Kim Jong Suk yang mengenakan seragam militer akan ditempatkan di bagian muka koin itu. Disertai tulisan "Kelahiran Pahlawan Perang Anti Jepang Kamerad Kim Jong Suk" di atasnya dan tulisan tahun 1917-2017 di bawah.

Di kanan dan kiri bawah ada semacam untaian dedaunan, dan seratus titik yang mengelilingi.

Sementara di bagian belakang koin digambar relief rumah kelahiran Kim Jong Suk di Hoeryong, di kaki Gunung Paektu, dengan latar belakang ukiran cahaya.

Tertulis di atas relief itu Bank Pusat RDRK sementara di bawah tertulis Juche 106 (2017).

Koin emas akan dicetak dengan dimensi diameter 35 mm dan ketebalan 2 mm. Sementara koin perak dicetak dengan dimensi diameter 40 mm dan ketebalan 3 mm. (dem/rmol)


Pemerintah Korea Utara akan mengeluarkan koin emas dalam rangka memperingati hari kelahiran Kim Jong Suk


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News