Korut Pamer Pencapaian Ekonomi 2022

Korut Pamer Pencapaian Ekonomi 2022
Potret pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ditampilkan pada pertemuan nasional untuk memperingati 10 tahun Kim sebagai ketua Partai Buruh Korea (WPK) yang berkuasa di negara itu, di Pyongyang, Korut, 10 April 2022, dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA). ANTARA/KCNA via Reuters/as

jpnn.com - Korea Utara (Korut) menggembar-gemborkan capaian ekonomi yang tidak dinyatakan secara gamblang pada tahun 2022 di tengah tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya termasuk pandemi COVID-19.

Capaian ini disampaikan pada sidang Majelis Rakyat Tertinggi baru-baru ini, yang tidak dihadiri Kim Jong Un, menurut keterangan Kantor berita Korea Utara, KCNA, Kamis.

Dalam laporan dari sidang dua hari Majelis Rakyat Tertinggi Rabu kemarin, Perdana Menteri Kim Tok Hun mengatakan warga Korea Utara “mencapai kesuksesan luar biasa dalam perjuangan untuk pembangunan ekonomi” dengan mengatasi “segala bentuk tantangan dan ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya,” menurut KCNA.

Namun perdana menteri tidak merinci pencapaian ekonomi dan mengatakan Kabinet mengungkapkan "cukup banyak kekurangan" dalam perjuangan tahun lalu untuk menerapkan keputusan Partai Buruh Korea yang berkuasa. Kekurangan itu tidak dijelaskan.

Perekonomian nasional Korea Utara memasuki masa suram akibat tertekan oleh pandemi COVID-19, bencana alam dan sanksi ekonomi internasional yang sengaja dijatuhkan untuk menggagalkan ambisi nuklir dan misil balistik Pyongyang.

Sidang majelis mengesahkan pelaksanaan APBN 2022 dan pengeluaran untuk tahun ini, dengan 15,9 persen dari total pengeluaran tahun lalu digunakan untuk " memperkuat pencegahan perang lebih lanjut," kata KCNA.

Sementara persentase belanja pertahanan pada anggaran 2023 tetap sama, menurut laporan tersebut.

Total pengeluaran negara akan meningkat 1,7 persen pada 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Investasi pembangunan ekonomi akan tumbuh 1,2 persen tahun ini mencapai 45 persen dari total belanja, kata kantor berita itu, tanpa menyebutkan besaran anggaran.

Korea Utara (Korut) menggembar-gemborkan capaian ekonomi yang tidak dinyatakan secara gamblang pada tahun 2022

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News