Kota di Australia Ini Nyaris Tanpa Kriminalitas

Kota di Australia Ini Nyaris Tanpa Kriminalitas
Kota di Australia Ini Nyaris Tanpa Kriminalitas

Sekitar 1.000 kilometer ke arah timur laut Perth, di daerah Goldfields, tersebutlah Kota Leinster yang unik. Setiap warga di sini memiliki pekerjaan, perumahan dan akses gratis ke gym dan kolam renang.

Dengan tidak adanya kriminalitas, tidak ada hipotek atau cicilan kredit perumahan, jalan-jalan yang pepohonan rindang dan komunitas yang bertumbuh, Leinster menjadi unik bagi ukuran kota pedalaman.

"Ini laksana oasis di padang pasir," kata Naomi Maher, seorang warga yang pindah ke sana bersama keluarganya dua tahun lalu.

"Ketika keluar masuk ke wilayah ini, Anda bisa melihat begitu banyak pepohonan (di tengah gurun pasir). Saat itulah Anda menyadari berada di Leinster," ujarnya.

Leinster didirikan tahun 1976 karena pertambangan di dekatnya. Kini menjadi 'kota tertutup' dengan sekitar 500 penduduk tetap.

Artinya, untuk bisa tinggal di Leinster, Anda harus menjadi karyawan atau kontraktor perusahaan BHP yang mengelola pertambangan di sana.

Kota di Australia Ini Nyaris Tanpa Kriminalitas Photo: Naomi Maher yang baru tiba di Leinster bersama keluarganya dua tahun lalu mengaku menyukai kota kecilnya. (ABC News: Tom Joyner)

Di samping fasilitas lainnya, perusahaan itu menyediakan perumahan, pusat kebugaran dan kolam renang secara gratis, serta supermarket dan kafe.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News