Minggu, 18 Agustus 2019 – 10:01 WIB

Kota Gorontalo Terancam Tenggelam

Selasa, 15 Maret 2011 – 00:11 WIB
Kota Gorontalo Terancam Tenggelam - JPNN.COM

JAKARTA - Pemerintah pusat diminta memberikan perhatian lebih terhadap Kota Gorontalo. Anggota Komisi V DPR, Rumkono, menyatakan bahwa letak geografis Kota Gorontalo yang berada di daerah lembah, menjadikannya sebagai pusat pertemuan aliran sungai.

Sementara sembilan sungai yang mengepung Kota Gorontalo, kondisinya tidak tertata baik dan telah mengalami pendangkalan. "Kalau ini dibiarkan, Kota Gorontalo tak lama lagi akan tenggelam. Indikasinya dilihat dari hujan sebentar, Kota Gorontalo langsung banjir," ungkap Rumkono dalam rapat kerja Komisi V DPR dengan Menteri PU Joko Kirmanto, Senin (14/3).

Untuk mengatasi ini, tambah politisi Golkar itu, sungai-sungai yang mengelilingi Kota Gorontalo harus dikeruk kembali. Selain itu, perlu pula dilakukan penataan infrastruktur di Kota Gorontalo.

Rumkono memperkirakan upaya pengerukan sungai dan perbaikan infrastruktur di Gorontalo butuh dana sekitar Rp 500 miliar. "Kami berharap Kementerian PU bisa membantu mengalokasikan dana untuk Gorontalo. Kalau tidak bisa sekaligus, bertahaplah misalnya Rp 50 miliar dulu," ujarnya.

Menanggapi permintaan itu, Wakil Menteri PU Hermanto Dardak mengatakan, usulan tersebut akan dibahas di Direktorat Jendral Bina Marga Kementrian PU. "Kalau untuk anggaran infrastruktur di Kota Gorontalo akan dibahas di Bina Marga, mudah-mudahan bisa diakomodir," ujarnya. (Esy/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar