Kota Ini Disebut yang Paling Siap Menuju Smart City Meniru Singapura

Kota Ini Disebut yang Paling Siap Menuju Smart City Meniru Singapura
Kota Ini Disebut yang Paling Siap Menuju Smart City Meniru Singapura

jpnn.com - BATAM - Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan Batam kini telah berubah menjadi sebuah kota besar di Indonesia bagian barat yang siap menuju Smart City (kota cerdas). Menyusul infrastruktur dan penataan kota telah teritegrasi dengan mengikuti kebutuhan masyarakat perkotaan dan ramah lingkungan, sehingga nyaman untuk ditinggali dan berinvestasi. 

"Batam paling siap menuju smart city, infrastruktur, perekonomian sudah bagus. Penerapan informasi dan teknologi juga luar biasa, bahkan sudah kita canangkan beberapa tahun yang lalu Batam sebagai digital island," ujar Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan saat ditemui usai peluncuran program Indeks Kota Cerdas Indonesia yang diselenggarakan Perusahaan Gas Negara dan Harian Kompas, di Jakarta Convention Center, Selasa (24/3).

Dahlan menuturkan, pertumbuhan ekonomi di Batam sangat baik, ini terlihat dari angka investasi baik asing maupun dalam negeri yang terus meningkat di setiap tahunnya. Untuk infrastruktur, Pemerintah Kota (Pemko) Batam bersama stakeholders lainnya beserta swasta terus menyempurnakan sebagai upaya menciptakan kehidupan yang lebihi baik bagi Batam ke depan yang terus membangun dan berkembang. 

"Tidak banyak kota yang menyiapkan infrastruktur air bersih dan listrik dengan cadangan yang memadai untuk masa mendatang. Batam saat ini memiliki tujuh waduk untuk penyediaan air bersih, begitu juga ketersediaan aliran listrik bagi industri maupun rumah tangga," tuturnya.

Kendati demikian, Dahlan menyadari seiring laju pembangunan, muncul masalah-masalah sosial yang tidak terelakkan seperti munculnya rumah-rumah liar. "Ini yang harus kita pikirkan, harus mempunyai program untuk merelokasi rumah-rumah liar tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) dalam sambutannya sebelum membuka acara ini menyampaikan terciptanya Kota Cerdas dapat terbentuk dari disiplin yang kuat. "Indeks itu dapat dicapai apabila ada kemauan, leadership, dan disiplin yang kuat," ujarnya.

JK menuturkan, kepemimpinan mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew, diharapkan menjadi contoh pemimpin kota di seluruh Indonesia dalam mewujudkan kota yang cerdas dan menarik.

Menurutnya, kepemimpinan lebih penting dibandingkan kemajuan teknologi dan pesatnya industri dalam mengelola sebuah kota yang bersih dan nyaman ditinggali. Singapura saat dipimpin Lee telah membuktikan kepada dunia kalau bicara kota yang cerdas di Asia, maka akan bicara negara kota Singapura.

BATAM - Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan Batam kini telah berubah menjadi sebuah kota besar di Indonesia bagian barat yang siap menuju Smart

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News