KPPS Tak Paham Mekanisme, Rekapitulasi di Seririt Diwarnai Hitung Ulang

KPPS Tak Paham Mekanisme, Rekapitulasi di Seririt Diwarnai Hitung Ulang
Proses hitung ulang di Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali, kemarin. Foto: Eka Prasetya/Radar Bali/JPNN.com

jpnn.com, BULELENG - Proses rekapitulasi suara di Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali diwarnai dengan penghitungan suara ulang.

Penyebabnya, Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) salah melakukan penghitungan suara pada pemilihan DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, dan DPR RI.

Akibatnya proses rekapitulasi pun sempat terkendala. Penghitungan suara ulang itu terjadi di TPS 11 Desa Kalianget, Kecamatan Seririt.

BACA JUGA: PSU Berjalan Lancar dan Aman, Bupati - Wabup Apresiasi Pemilih

Kesalahan penghitungan suara itu diketahui, gara-gara jumlah pengguna hak pilih tidak seimbang dengan jumlah suara yang tercatat dalam Formulir C1.

Jumlah suara jauh di atas jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya. Setelah dilakukan penelusuran, ternyata KPPS setempat salah melakukan penghitungan suara.

Suara calon anggota legislatif, juga dimasukkan dalam suara partai. Akibatnya jumlah suara untuk pemilihan anggota legislatif, menggelembung hampir dua kali lipat.

Akhirnya diputuskan membuka kotak suara dan melakukan penghitungan ulang suara. Divisi Teknis KPU Buleleng Gede Sutrawan mengatakan, masalah itu sempat membuat proses rekapitulasi di Kecamatan Seririt tertunda.

Proses rekapitulasi suara di Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali diwarnai dengan penghitungan suara ulang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News