KPU Coret 2 Nama Bakal Calon Anggota DPD, Salah Satunya OSO

KPU Coret 2 Nama Bakal Calon Anggota DPD, Salah Satunya OSO
Ketua DPD Oesman Sapta Odang tinjau TPS. Foto: Boy/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencoret nama Oesman Sapta Odang (OSO) dan Victor Juventus G May dari daftar bakal calon anggota DPD RI untuk Pemilu 2019.

Menurut Komisioner KPU Ilham Saputra, dua nama dimaksud tidak memenuhi syarat menjadi calon anggota DPD karena tercatat masih menjadi pengurus partai politik.

"Ada dua orang saja yang menjadi calon anggota DPD tapi tidak mengundurkan diri dari parpol. Yakni, Victor Juventus G May dari Papua Barat dan Pak Oesman Sapta (Kalimantan Barat)," ujar Ilham di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (20/9).

Menurut Ilham, KPU sebenarnya telah memberi kesempatan bagi bakal calon anggota DPD yang tercatat sebagai pengurus parpol, untuk menyerahkan surat pengunduran diri ari pengurus parpol.

Namun, hingga Rabu (19/9) kemarin, kedua nama dimaksud tidak juga menyerahkan surat pengunduran diri ke KPU.

"Untuk calon anggota DPD yang belum menyerahkan (surat pengunduran diri) dari parpol dan melaporkan pengunduran dirinya, sampai saat ini tetap kami coret," ucapnya.

Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan uji materi Pasal 128 huruf I UU 7/2017 tentang Pemilu, pada 23 Juli lalu. Putusan itu membatalkan pengurus parpol dapat menjadi calon anggota DPD.(gir/jpnn)


KPU secara resmi mencoret nama Oesman Sapta Odang dari daftar bakal calon anggota DPD RI.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News