KPU Sumsel Targetkan Distribusi Surat Suara DPD RI Selesai Akhir Desember 

KPU Sumsel Targetkan Distribusi Surat Suara DPD RI Selesai Akhir Desember 
Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya. Foto: Cuci Hati/JPNN.com

jpnn.com, PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan (KPU Sumsel) menargetkan pendistribusian surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) untuk Pemilu 2024 selesai pada akhir Desember 2023.

Hal ini menyusul surat suara DPD RI masih dalam proses pencetakan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

"Kami sedang mengupayakan, mudah-mudahan akhir Desember ini semua surat suara sampai di kabupaten kota yang ada di Sumsel (terdistribusikan)," kata Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya saat ditemui Senin (11/12).

Andika menyebut Sumsel saat ini baru menerima surat suara DPD RI untuk tiga wilayah, yakni Kabupaten Muara Enim, Empat Lawang, dan Lubuklinggau.

"Setelah surat suara tiba,maka Januari akan dilakukan tahapan penyortiran, pelipatan, dan pendistribusian," kata Andika.

Menurut Andika, pada proses pendistribusian surat suara faktor geografis juga diperhatikan utamanya wilayah perairan. Terlebih saat ini Sumsel masuk musim penghujan.

Pihaknya juga meminta masing-masing daerah melakukan mitigasi berkaca dari pemilu-pemilu sebelumnya.

"Kami juga minta lembaga terkait untuk bersinergi terhadap pengamanan pemilu dari saat perjalanan hingga tiba di gudang penyimpanan," terang Andika.

KPU Sumsel menargetkan pendistribusian surat suara DPD RI untuk Pemilu 2024 selesai pada akhir Desember 2023. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News