Kredit Pintar Beri Edukasi Literasi Keuangan Lewat Muda Paham Fintech

Kredit Pintar Beri Edukasi Literasi Keuangan Lewat Muda Paham Fintech
Kredit Pintar sebagai platform pinjaman digital yang berlisensi, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menginisiasi Kelas Pintar Bersama. Foto dok Kredit Pintar

jpnn.com, LABUAN BAJO - Kredit Pintar turut berpartisi dalam kegiatan sosialisasi bertajuk “Muda Paham Fintech” - Menuju Keuangan Digital Inklusif bersama Indonesia Timur, yang diinisiasi oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Kegiatan yang berlangsung pada 17-18 Juli 2023 lalu berlangsung di Politeknik ElBajo Commodus, Kampung Lancang, Wae Kelambu, Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dengan berbagai rangkaian acara, mulai dari Talk Show, Exhibition, kunjungan ke UMKM, dan lain-lain.

Acara ini memberikan edukasi dan literasi keuangan, serta pemahaman, utamanya bagi kaum muda, mahasiswa, tenaga pengajar, komunitas, dan juga pelaku UMKM untuk mengenal lebih jauh lagi tentang manfaat dan cara menggunakan fintech pendanaan bersama serta menghubungkan Fintech Lending sebagai alternatif pendanaan.

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan masyarakat dengan Fintech Lending yang berlisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Saat ini masih banyak lapisan masyarakat yang belum terlayani oleh industri keuangan konvensional dikarenakan beberapa faktor seperti keterbatasan industri perbankan dalam menjangkau masyarakat di daerah tertentu, lalu terkendala juga dalam hal peraturan dan persyaratan berlapis saat ingin mengajukan kredit, dan lain-lain," ujar Head of Compliance Kredit Pintar, Yasmine Meylia.

Melalui keuangan digital inklusif, fintech lending atau pinjaman online, menjadi alternatif untuk membantu membuka akses keuangan yang lebih mudah.

"Membantu pemenuhan kebutuhan pembiayaan dalam negeri, serta mendorong distribusi pembiayaan nasional yang masih belum merata di 17 ribu pulau yang ada di Indonesia," tutur Yasmine.

Sebagai salah satu alternatif lembaga keuangan nonbank yang dapat membantu untuk memberikan solusi pembiayaan bagi masyarakat, di sisi lain, saat ini industri fintech lending resmi yang telah berizin dan diawasi oleh OJK, terkena imbas dari maraknya pinjaman online ilegal yang sangat meresahkan masyarakat.

Kredit Pintar juga telah aktif menginisiasi program edukasi dan literasi keuangan melalui ‘Kelas Pintar Bersama’ yang diadakan secara online dan offline.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News