KRI I Gusti Ngurah Rai-332, Kapal Perang Baru Kemampuan Wow!

KRI I Gusti Ngurah Rai-332, Kapal Perang Baru Kemampuan Wow!
Foto: jakartagreater

jpnn.com, JAKARTA - KRI I Gusti Ngurah Rai-332 telah diresmikan di Dermaga Dock PT PAL Indonesia Senin (30/10). Peresmian ini sekaligus mengukuhkan tambahan kekuatan untuk TNI AL.

Khususnya prajurit matra laut yang bertugas di Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Koarmatim).

Kapal kedua dalam proyek Ship Integrated Geometrical Modularity Approach Perusak Kawal Rudal (SIGMA PKR) yang dilakoni Indonesia – Belanda itu diyakini membuat TNI AL kian kuat.

Menurut Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu kehadiran KRI I Gusti Ngurah Rai-332 sesuai dengan rencana strategis (renstra) juga Minimum Essential Force TNI.

Selain itu, KRI tersebut juga dipercaya mampu turut serta membantu TNI AL dalam menyikapi dan mengantisipasi beragam ancaman yang bermunculan.

”Saya yakin bahwa keberadaan kapal ini akan meningkatkan kemampuan TNI AL dalam melaksanakan tugas,” ungkap Ryamizard.

 

Berdasar data TNI AL, KRI I Gusti Ngurah Rai adalah buah kerja sama alih teknologi antara PT PAL Indonesia dengan Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) yang tidak lain adalah perusahaan kapal asal Belanda.

Kementerian Pertahanan menilai KRI I Gusti Ngurah Rai-332 tersebut istimewa lantaran dapat diandalkan untuk perang empat matra sekaligus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News