KRI Teluk Manado Debarkasi Satgas Pamtas RI-Malaysia

KRI Teluk Manado Debarkasi Satgas Pamtas RI-Malaysia
KRI Teluk Manado-537 saat sedang berlayar menuju daerah operasi. Foto: Dispen Kolinlamil

jpnn.com, NUNUKAN - KRI Teluk Manado-537 melaksanakan tugas operasi angkutan laut militer dengan berhasil mendebarkasikan 263 prajurit Yonif 621/Mtg di pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, baru-baru ini. Pasukan ini akan melaksanakan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia.

Saat sandar, pasukan disambut langsung oleh Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid, yang juga langsung melakukan pemeriksaan pasukan.

Menurut Komandan KRI Teluk Manado-537, Mayor Laut (P) Homa Sugama, pelayaran dari Jakarta ke Nunukan berjalan lancar. Cuaca sangat mendukung. Kemudian kondisi prajurit KRI maupun pasukan yang diangkut semua dalam keadaan kondisi baik dan sehat.

“Kondisi pasukan selama dalam pelayaran dalam keadan baik, demikian juga cuaca sangat mendukung. Moril prajurit/pasukan selama dikapal tinggi sebagai motivasi untuk melaksanakan tugas,” jelas komandan KRI.

Sementara itu, Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif 621 Manuntung akan melaksanakan tugas selama kurang lebih 9 bulan kedepan menjaga daerah perbatasan.

Selain menjaga kawasan perbatasan negara, nantinya banyak hal positif yang akan dilakukan prajurit TNI di tengah-tengah masyarakat. Mulai dari pembinaan teritorial terbatas, kegiatan sosial, mengamankan senjata ilegal, pengamanan TKI, hingga mengantisipasi kasus narkotika, serta mengantisipasi peredaran miras ilegal.

KRI Teluk Manado-537 adalah salah satu kapal perang TNI Angkatan Laut jenis LST yang aktif dalam melaksanakan tugas operasi Serpas di bawah pembinaan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

KRI Teluk Manado-537 merupakan kapal ketujuh dari kapal perang jenis kapal pendarat kelas Teluk Gilimanuk milik TNI AL. Dinamai menurut nama sebuah teluk di Sulawesi.

KRI Teluk Manado-537 bertugas sebagai armada pendarat bagi pasukan Marinir TNI AL dan juga sebagai kapal pengangkut logistik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News