Kronologis Polisi dan Warga Berhasil Adang 10 Perampok

Kronologis Polisi dan Warga Berhasil Adang 10 Perampok
Salah seorang perampok sarang walet yang berhasil ditangkap Jumat (4/5) kemarin. Mereka berkasi di kawasan Jalan Poros Sangatta-Bengalon. Foto Dhedy/Sangatta Post/JPNN.com

jpnn.com, KUTAI TIMUR - Polisi bersama warga berhasil menangkap 10 perampok sarang walet yang beraksi di Jalan Poros Sangatta – Bengalon, Kaltim, atau biasa dikenal dengan kawasan Gunung Sampah, Jumat (4/5) dini hari.

Mereka adalah, Abidin, Andiansyah, Yadi, Taufik, Jadi, Rian, Henry, Bikin, Helmi, dan Fahrul Rozi. Komplotan itu ditangkap sekira pukul 03.00 wita dini hari di dua lokasi berbeda. Yakni di KM 10 Jalan Poros Sangatta-Bontang dan Simpang 3 Kusnodo Desa Martadinata Kecamatan Teluk Pandan.

Dari tangan tersangka berhasil diamankan 1 buah karung putih berisi sarang walet, 1 sangkur warna hitam, 3 sajam parang panjang, 5 buah dompet, 6 unit handphone berbagai merk, 3 buah tas berisi pakaian pelaku, dan 2 unit mobil.

Kapolres Kutim, AKBP Teddy Ristiawan mengatakan, komplotan itu melakukan pencurian sarang burung walet di Jalan Poros Sangatta Bengalon ( Gunung sampah). Mereka menyekap dan mengikat serta mengancam penjaga sarang burung walet sebanyak 5 orang . Beruntung, 2 orang penjaga walet melarikan diri untuk meminta pertolongan.

Awalnya, korban yang berhasil kabur menelepon pemilik sarang burung dan memberikan informasi ciri pelaku dan kendaraan yang digunakan. Selanjutnya pemilik walet melaporkan kepada Kapolsek Rantau Pulung. Kemudian, informasi itu diteruskan ke Kapospol Teluk Pandan.

Atas informasi tersebut, Kapospol beserta warga dan pemilik walet dan kawan-kawan lainnya, melakukan pengadangan di Simpang 3 Kusnodo Desa Martadinata Kecamatan Teluk Pandan.

Usaha mereka berhasil. Tersangka melintasi jalan tersebut. Kemudian dilakukan penangkapan dan penggeledehan di dalam mobil tersangka pelaku perampokan itu. "Selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa dan diamankan di Pospol Teluk Pandan," ujar Ristiawan.

Tersangka dan barang bukti dibawa ke Mako Polres Kutim guna penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut. "Kami sudah amankan. Sekarang sudah berada di Polres Kutim," kata Ristiawan.

Polisi bersama warga berhasil mengadang komplotan perampokk sarang burung walet yang beraksi di kawasan Gunung Sampah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News