KSAL: Bangkitkan Kembali Karakter Bangsa Bahari

KSAL: Bangkitkan Kembali Karakter Bangsa Bahari
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi saat memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa di Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (9/9). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Membangkitkan kembali semangat dan jiwa serta karakter bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari tentu tidak mudah. Namun sekarang saat yang tepat bagi kita untuk membangkitkan kembali semangat itu, di saat bangsa ini memiliki pemimpin yang memiliki wawasan dan visi maritim untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Demikian dikatakan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi saat memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa di Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (9/9).

Dalam kuliah di hadapan kurang lebih 2000 mahasiswa dan pelajar di Sulawesi Tenggara, Laksamana TNI Ade Supandi menyampaikan materi tentang “Peran Mahasiswa Dalam Membangun Kembali Budaya Maritim Guna Mendukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

Menurut KSAL, pembangunan kembali budaya maritim bangsa Indonesia harus dilakukan, dan perlu untuk segera dimulai.

“Generasi muda adalah pelopor perubahan, dan para mahasiswa adalah agen perubahan yang dibutuhkan untuk membangun kembali budaya maritim Indonesia,” tegas Laksamana TNI Ade Supandi.

Pada kesempatan tersebut Kasal juga melaksanakan tanya jawab dengan para mahasiswa maupun pelajar yang hadir, dan selanjutnya diakhiri secara simbolis melaksanakan penyerahan dan penerimaan cinderamata dengan perwakilan pihak universitas.

Selain hadir memberikan kuliah umum di Universitas Halu Oleo Kendari, dalam kedatangannya di Ibu Kota Sulawesi Tenggara ini, Laksamana TNI Ade Supandi juga melaksanakan penandatanganan prasasti bersama dengan Plt. Gubernur Sultra H. Moch Saleh Lasata.

Pada kesempatan itu, sekaligus menyaksikan penandatanganan Amandemen PKS antara TNI AL dalam hal ini Kadisfaslanal Laksamana Pertama TNI Marhuale Simbolon dengan Kadishub Provinsi Sultra Dr. H. Hado Hasinan bertempat di dermaga Darma Samudera kendari, terkait dengan pembangunan dermaga dan Mako Pangkalan Angkatan Laut di Kendari.

Membangkitkan kembali semangat dan jiwa serta karakter bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News