KSAL: Indonesia Tak Pernah Gentar Hadapi Musuh

KSAL: Indonesia Tak Pernah Gentar Hadapi Musuh
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi memimpin Upacara Tabur bunga, pada peringatan Hari Dharma Samudera, di atas KRI Banda Aceh-593 yang berlayar di perairan teluk Jakarta, Minggu (15/1). FOTO: Dok. Dispenal

jpnn.com - jpnn.com - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi memimpin Upacara Tabur bunga, pada peringatan Hari Dharma Samudera, di atas KRI Banda Aceh-593 yang berlayar di perairan teluk Jakarta, Minggu (15/1).

Menurut Ade, para pejuang saat pertempuran di Laut Aru telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak pernah gentar menghadapi musuh dalam upaya mempertahankan wilayah dan kedaulatan negara. Para pahlawan Laut Aru telah memberikan teladan sejati, yakni sikap kesatria dan rela berkorban.

“Sikap kesatria dan rela berkoran tersebut merupakan cerminan dari kedisiplinan, hierarki dan kehormatan militer yang selalu terjaga meskipun dalam kondisi kritis sekalipun,” ujar Kasal.

Upacara yang diselenggarakan oleh Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta ini, dilaksanakan dalam rangka memperingati peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 55 tahun silam. Saat itu, telah terjadi pertempuran laut yang melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI AL, yaitu RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang menghadapi kapal perang kerajaan Belanda yang lebih modern dan canggih pada masa itu.

Komodor Yos Sudarso yang saat itu menjabat sebagai Deputi Kasal, on board di RI Macan Tutul sebagai Senior Officer Present Afloat (SOPA), bersama awak RI Macan Tutul, akhirnya gugur sebagai kusuma bangsa.

Oleh karena itu, untuk mengenang peristiwa heroik tersebut, pemimpin TNI AL menetapkan tanggal 15 Januari sebagai Hari Dharma Samudera.

Dalam peringatan Hari Dharma Samudera tahun ini, bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Laut (P) Wahidi Ismanto yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan KRI Todak-631. Upacara tersebut diikuti oleh 764 personel yang terdiri dari 1 Unit Korsik Lantamal III, 1 SSR Kowal, 1 SSR Unsur Maritim, serta 1 SST Pramuka Saka Bahari.

Pada akhir kegiatan, Kasal memberikan tali asih kepada keluarga pelaku sejarah pertempuran Laut Arafuru, sekaligus menyerahkan hadiah dan piagam kepada para pemenang Lomba Tulis Sejarah Satuan atau Kotama TNI AL, serta Lomba Fotografi Keangkatanlautan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Para pemenang lomba Menulis Sejarah Satuan dan Kotama TNI AL, sebagai juara 1 adalah Mayor Laut (KH) Agus Setiawan, yang menjabat sehari-hari sebagai Pamen STTAL. Juara ke-2 ditempati oleh Tim Sekretariat Lanal Banjarmasin, dan juara ke-3 adalah Sekretariat Seskoal Jakarta.

Sedangkatan pada lomba Fotografi Keangkatanlautan juara 1 diraih oleh Koptu Bek Suparto anggota Dispen AAL, juara ke-2 diraih oleh Serma Nav Purwadi anggota Dispen Armatim Surabaya, dan di tempat ke-3 dimenangkan oleh Serma TTU Syaifudin, anggota Dispen Lantamal III Jakarta.

Turut hadir dalam peringatan tersebut diantaranya, para sesepuh TNI AL, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi, Sekjen Kemhan RI Laksamana Madya TNI Widodo, Kabakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo, para Asisten Kasal, para Panglima Komando Utama TNI AL, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, serta para pejabat terkait lainnya.(fri/jpnn)


Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi memimpin Upacara Tabur bunga, pada peringatan Hari Dharma Samudera, di atas KRI Banda


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News