KSAL Pede Lima Kapal TNI AL sudah Cukup Jaga Laut Natuna

KSAL Pede Lima Kapal TNI AL sudah Cukup Jaga Laut Natuna
Laut China Selatan. Foto: wikipedia

jpnn.com - JAKARTAKepala Staf  Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi memastikan saat ini kapal-kapal dari pihaknya di perairan TNI sudah cukup untuk mengawasi perairan Natuna. Ini disampaikannya menyusul  permintaan penambahan kapal dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Anak buah Susi baru saja melakukan penangkapan kapal pencuri ikan KM Kway Fey 10078 di perairan Natuna.

“Kami di sana ada 5 kapal, armada barat. Disiapkan untuk di Natuna, Laut Cina selatan sampai dengan Karimata,” ujar Ade di Pangkalan TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (22/3).

Ade mengatakan, TNI AL akan menambah kapal jika terjadi ancaman pertahanan di wilayah-wilayah tersebut. Sejauh ini, menurutnya, yang terjadi di Natuna beberapa hari lalu hanya konflik perikanan semata. Karena itu bisa diselesaikan dengan diplomasi perikanan. Salah satunya penyelesaian dengan bantuan Kementerian Luar Negeri.

“Kami akan lihat perkembangan situasinya. Dinilai apakah konflik ini akan membesar atau tidak. Harus dibedakan masalahnya. Yang dihadapi sekarang adalah kapal pengawas perikanan dengan kapal pengawas perikanan kita,” tegas Ade.

Ia berharap kasus pencurian ikan itu bisa segera terselesaikan melalui jalan diplomasi Kementerian Luar Negeri. Sementara TNI AL, akan meningkatkan pengawasan di perairan Natuna dan sekitarnya. (flo/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News