KSAL: Pushidrosal Makin Mendunia Lewat Ekspedisi Jala Citra Aurora 2021

KSAL: Pushidrosal Makin Mendunia Lewat Ekspedisi Jala Citra Aurora 2021
KSAL Laksamana Yudo Margono dalam keynote speech pada Seminar Internasional yang digelar Pushidrosal dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia tahun 2021, dengan tema '100 Years of International Cooperation in Hydrography', Senin (18/10). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Ekspedisi Jala Citra ‘Aurora’ 2021 merupakan implementasi  kerja sama hidrografi, sebuah riset bersama yang diselenggarakan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dengan beberapa pemangku kepentingan di laut seperti badan riset pemerintah, universitas, dan pihak swasta.

“Keberadaan riset ini juga membawa Pushidrosal TNI AL makin mendunia,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam keynote speech pada Seminar  Internasional yang digelar Pushidrosal dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia tahun 2021, dengan tema “100 Years of International Cooperation in Hydrography”, Senin (18/10).

Menurut Yudo, ekspedisi ini telah selesai dengan hasil yang memuaskan, mengumpulkan dan menganalisa informasi tentang fitur-fitur bawah laut dengan anomali magnet bumi yang terkait dengan kondisi fitur bawah laut, fenomena gelombang dalam, pertumbuhan terumbu karang, arus perputaran besar, dan keanekaragaman biota laut.

“Atas pencapaian ini, saya mengucapkan selamat kepada Pushidrosal dan seluruh personel yang terlibat dalam ekspedisi. Saya juga ingin mengundang dan mengajak kerja sama yang kuat dan luas di antara pemangku kepentingan pada ekspedisi serupa di masa mendatang,” kata KSAL.

Sementara itu, Komandan Pushidrosal  Laksamana Madya  TNI Dr. Agung Prasetiawan dalam Opening Remark antara lain menyampaikan kegiatan seminar dan ekspedisi Jala Citra 1 - Aurora merupakan salah satu wujud nyata kontribusi aktif Pushidrosal dalam mengabdikan diri di bidang hidrografi dan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan 100 tahun Hari Hidrografi Dunia 2021.

Pushidrosal telah menginisiasi suatu kegiatan yang bertujuan untuk membangun kemitraan dan kolaborasi antara bidang hidro-oseanografi serta bidang lainnya sebagaimana tema Hari Hidrografi Dunia yang ke-100 dan mandat dari PBB tentang Ocean Decade, yang diwujudkan dalam kegiatan ekspedisi yang bernama Jala Citra 1 – ”Aurora” dengan wahana apung kapal berjenis Multi-Role Research Vessel yaitu KRI Spica-934.

Seminar Internasional  ini mempresentasikan hasil sementara pelaksanaan Ekspedisi Jala Citra 1 - ”Aurora” yang digelar Pushidrosal selama 2 bulan terhitung mulai tanggal 3 Agustus 2021 dengan di dukung oleh KRI Spica-934.

Selain itu juga dibahas bidang kelautan lainnya yang terkait dengan Laut Halmahera dan Perairan Papua dan sekitarnya serta kerjasama antar kementerian/lembaga di kegiatan riset kelautan.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan keberadaan riset ini juga membawa Pushidrosal TNI AL makin mendunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News