KTT ASEAN: 'Hutan Hujan Tropis' Sambut Kedatangan Para Pemimpin

KTT ASEAN: 'Hutan Hujan Tropis' Sambut Kedatangan Para Pemimpin
Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut kedatangan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dan Ibu Negara Louise Araneta Marcos di lokasi pembukaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (5/9/2023). Area bernuansa hutan hujan tropis menyambut kedatangan para pemimpin ASEAN. Foto: ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Aditya Pradana Putra/pras

jpnn.com, JAKARTA - Area bernuansa hutan hujan tropis menyambut kedatangan para pemimpin negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Balai Sidang Jakarta (JCC), Selasa.

Di area yang berlatar layar besar bergambar Ibu Kota Nusantara (IKN) itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menerima kedatangan para tamu dari negara tetangga sekaligus melakukan foto bersama sebelum melakukan pertemuan pertama KTT ke-43 ASEAN.

Konsultan Visual Kreatif KTT ke-43 ASEAN Elwin Mok mengatakan bahwa area penyambutan menjadi salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan forum-forum global karena itu dapat memperkuat branding Indonesia di mata internasional.

"Di titik inilah, keunikan dan suasana batin dapat mulai dibangun, yang diharapkan membawa dampak positif bagi keseluruhan penyelenggaraan KTT," kata Elwin dalam siaran pers Tim Komunikasi dan Media KTT ke-43 ASEAN 2023.

Elwin menyebut area penyambutan tersebut menyimbolkan alam Indonesia berupa hutan hujan tropis dan air terjun, yang dipadukan dengan layar besar multimedia yang menampilkan siluet Istana Presiden di IKN.

Eratnya kerja sama antar negara ASEAN seakan menjadi mata air yang akan terus-menerus menyuburkan pertumbuhan dunia, kata dia.

Dina Touwani, perempuan yang berprofesi sebagai perangkai bunga dan dekorator, menjelaskan bahwa proses penataan di JCC bermula dari KTT G20 di Bali ketika ketika dia dan timnya ditugaskan untuk mempercantik alam di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang digunakan saat jamuan makan malam para tamu negara.

“Pada KTT ASEAN ini, kami ingin menyuguhkan sesuatu yang indah, tanpa mengubah banyak struktur gedung. Idenya adalah membawa hutan ke dalam ruangan," kata Dina yang mengemban tugas untuk menata tanaman dan pepohonan di area penyambutan tamu-tamu negara.

Hutan hujan tropis menyambut kedatangan para pemimpin negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News