KTT G20 Menggugah Optimisme, Erdogan Akui Kesuksesan Indonesia

KTT G20 Menggugah Optimisme, Erdogan Akui Kesuksesan Indonesia
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam konferensi pers di Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). Foto: ANTARA/AstridFaidlatulHabibah

jpnn.com, NUSA DUA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan bahwa Indonesia sukses dalam menjalankan kepemimpinan pada perhelatan G20 sepanjang tahun ini di tengah berbagai tantangan global.

“Platform G20 sudah sukses memerankan kepemimpinan di tengah tantangan di tingkat global saat ini,” kata Erdogan dalam konferensi pers di Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali, Rabu.

Erdogan mengatakan Presidensi G20 Indonesia yang bertema "Recover Together, Recover Stronger" telah tercermin dalam berbagai pertemuan G20, baik di tingkat menteri maupun kegiatan teknis lain sepanjang tahun ini.

Dia mengaku Turki telah secara aktif berpartisipasi sekaligus berkontribusi menyampaikan pandangan-pandangannya dalam berbagai pertemuan G20 selama presidensi Indonesia.

Tak hanya itu, Erdogan mengatakan dalam Konferensi Tigkat Tinggi (KTT) G20 bahwa pihaknya turut mengevaluasi perkembangan terbaru terkait pandangan atau proyeksi ekonomi dan kualitas dunia di masa depan.

Menurut dia, evaluasi itu dilakukan karena dunia telah memulai perjalanan yang sulit selama tiga tahun sejak kemunculan pandemi COVID-19 dan semakin tertekan akibat ketegangan geopolitik.

Bahkan dampak dari pandemi COVID-19 dan ketegangan geopolitik ini masih terasa hingga sekarang, yakni adanya pengetatan perdagangan internasional hingga menyebabkan disrupsi rantai pasokan, kata Presiden Turki itu.

Menurut Erdogan, harga bahan pangan dan energi yang sangat tinggi membuat hampir seluruh ekonomi dunia masuk ke dalam situasi resesi, yang risikonya terus meningkat sehingga menunjukkan kemungkinan tantangan besar yang menanti di masa depan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan bahwa Indonesia sukses dalam menjalankan kepemimpinan pada perhelatan G20

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News