Kuantitas Penduduk Melonjak, Kualitas IPM Menurun

Kuantitas Penduduk Melonjak, Kualitas IPM Menurun
Kuantitas Penduduk Melonjak, Kualitas IPM Menurun
JAKARTA - Kuantitas penduduk Indonesia yang terus meningkat drastis ternyata tidak berbanding lurus dengan kualitas pembangunan manusianya. Bahkan berdasarkan sensus penduduk 2010 lalu, 70 persen penduduk Indonesia hanya lulusan SD.

Diperkirakan dari 140 juta jiwa, 98 juta jiwa di antaranya hanya lulus SD. Sisanya, 42 juta itu merupakan gabungan lulusan SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.

"Makanya IPM (Indeks Pembangunan Manusia, Red) kita turun. Dari peringkat 108 menjadi 124," ujar Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Sugiri Syarief saat membuka seminar tentang hasil kajian analisis dampak kependudukan di Twin Plaza Hotel, Jakarta, Kamis (22/12).

Meski demikian Sugiri tetap berharap agar masyarakat tidak berkecil hati. Pasalnya, indikator penilaian tersebut kini ditambah sehingga berpengaruh pada peringkat, terutama menyangkut lamanya pendidikan.

JAKARTA - Kuantitas penduduk Indonesia yang terus meningkat drastis ternyata tidak berbanding lurus dengan kualitas pembangunan manusianya. Bahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News