Pilgub Jateng 2018

Kubu Ganjar-Yasin Sinyalir Sudirman-Ida Punya Jurus Rahasia

Kubu Ganjar-Yasin Sinyalir Sudirman-Ida Punya Jurus Rahasia
Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, SEMARANG - Tim pemenangan Sudirman Said-Ida Fauziah pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) terlihat belum gencar menyosialisasikan duet yang diusung koalisi Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. Namun, hal itu justru diwaspadai kubu Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung PDIP, Partai Golkar, PPP dan Partai Demokrat.

Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto menilai pergerakan pesaing Ganjar-Yasin di luar nalar. Bambang menduga Sudirman yang membutuhkan gebrakan besar untuk memenangi Pilgub Jateng masih menyimpan langkah spektakuler selama masa putaran kampanye ini.

"Saya khawatir SS (Sudirman Said, red) ini punya ilmu lain yang tidak saya paham. Untuk itulah kami sebagai tim pemenangan Ganjar-Yasin tidak boleh congkak, jangan sombong. Tapi harus tingkatkan kewaspadaan," ujarnya di kantor DPD PDIP Jateng, Jalan Brigjen Katamso Semarang, Minggu (25/3).

Bambang menambahkan, merujuk kalkulasi dan hasil survei, Ganjar-Yasin memang sangat sulit untuk dikalahkan. Saat ini elektabilitas duet politikus PDIP dan PPP itu antara 62-79 persen.

Sedangkan elektabilitas Sudirman-Ida hanya 10,1 persen. Dari segi popularitas pun duet Sudirman-Ida hanya 32 persen.

"Sehingga, jika dilihat dari semua titik, kalau SS cara kerjanya begini-begini saja, saya enggak yakin bisa melampaui Ganjar. Apalagi situasi kampanye Pak Ganjar selama 12 sampai 15 Maret cukup bagus," tambahnya.

Dengan masa kampanye atau hingga waktu pencoblosan yang hanya menyisakan tiga bulan, Bambang menyebut duet Sudirman-Ida akan sulit mengalahkan Ganjar-Yasin. Karena itu, Bambang menduga tim pemenangan mantan menteri ESDM itu punya jurus khusus yang spektakuler.

Bambang lantas mencontohkan ketika Ganjar berduet dengan Heru Sudjatmoko menantang Bibit Waluyo pada 2013. Posisi Bibit kala itu adalah patahana.

Secara kalkulasi politik, Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang berduet di Pilgub Jateng sulit dikalahkan oleh pesaingnya, Sudirman Said-Ida Fauziah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News