Kunci Sukses Menjadi Binaraga

Kunci Sukses Menjadi Binaraga
Kunci Sukses Menjadi Binaraga

jpnn.com - BEBERAPA waktu yang lalu, untuk pertama kalinya diadakan sebuah kejuaraan binaraga dan body fitness natural di Indonesia. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan natural bodybuilding dan bagaimana menjadi seorang natural bodybuilder?

Natural bodybuilding atau binaraga adalah sebuah kejuaraan binaraga di mana para peserta tidak diperkenankan mempergunakan obat-obatan penambah performa seperti anabolic steroid, insulin, diuretic, dan human growth horomone.

Kompetisi binaraga natural digelar oleh badan atau organisasi binaraga natural dengan prosedur yang ketat termasuk tes doping dan obat-obatan yang dilarang untuk memastikan peserta benar-benar natural. Juara kompetisi binaraga natural dunia akan mendapat gelar Natural Bodybuilding Champion.

Ada beberapa kunci sukses dalam natural bodybuilding, utamanyanya bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti kompetisi. Pertama adalah latihan dan diet yang tepat (bebas dari obat-obatan, termasuk steroid tentunya) dalam waktu yang cukup hingga beberapa tahun.

Sehingga memiliki massa otot yang cukup tebal untuk kemudian dipertajam definisinya menjelang kompetisi. Hal ini terutama sekali berlaku untuk yang memiliki genetik tubuh rata-rata.

Kemudian menjaga massa otot tetap lean dengan maintenance otot dalam masa tidak bertanding (off season). Ini karena ketika persiapan pra kompetisi, rata-rata natural bodybuilder lebih mudah kehilangan massa otot saat proses trimming dibandingkan bodybuilder yang menggunakan obat-obatan. Karenanya natural bodybuilder wajib menjaga massa ototnya (maintenance) dengan kadar lemak tidak lebih dari 10 persen setiap saat.

Selanjutnya membentuk otot tubuh yang simetris, terutama sekali untuk persiapan kompetisi internasional. Selain conditioning dan massa otot yang bagus, seorang natural bodybuilder harus memperhatikan pertumbuhan seluruh bagian otot tubuhnya.

Tidak hanya melatih otot lengan atau dada saja, tetapi melatih seluruh bagian otot tubuh agar terlihat simetris. Latihlah lebih banyak pada bagian otot yang belum atau kurang berkembang. Khusus pemula, hal ini harus dilakukan sejak awal memulai latihan beban.

BEBERAPA waktu yang lalu, untuk pertama kalinya diadakan sebuah kejuaraan binaraga dan body fitness natural di Indonesia. Apa sebenarnya yang dimaksud

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News