Kunjungi Korban Banjir Mahulu, Pj Gubernur Kaltim Fokus Siapkan Pangan-Listrik

Kunjungi Korban Banjir Mahulu, Pj Gubernur Kaltim Fokus Siapkan Pangan-Listrik
Penanganan musibah banjir yang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dan Kutai Barat menjadi perhatian serius Pemprov Kaltim. Foto: supplied

jpnn.com, BALIKPAPAN - Penanganan musibah banjir yang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dan Kutai Barat (Kubar) menjadi perhatian serius Pemprov Kaltim.

Fokus utama penanganan adalah pemenuhan kebutuhan pangan dan listrik.

“Kami akan fokus memastikan listrik bisa menyala untuk masyarakat dan kebutuhan pangan sehari-hari juga tercukupi dengan baik,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik saat konferensi pers di Hotel Royal Suite Balikpapan, Sabtu (18/5).

Sejak Kamis malam lalu Pemprov Kaltim telah mengirimkan bantuan sebanyak 6.400 paket sembako ke Mahakam Ulu melalui jalur Sungai Mahakam.

Dia mengatakan untuk penanganan korban bencana banjir ini, kolaborasi dilakukan dengan berbagai pihak. Termasuk pembiayaan dari yang bersumber dari APBD dan PBN.

Selain bantuan dari Pemprov Kaltim juga dikirimkan bantuan dari APBN terdiri tenda keluarga portable B2022 sebanyak 10 unit, family kit 150 unit, kids ware 150 unit, kadur 150 unit, selimut 150 lembar.

"Total bantuan senilai Rp 273,37 juta," kata Akmal.

Fokus penanganan berikutnya adalah listrik warga terdampak banjir. Akmal mengungkapkan ada tiga wilayah terdampak cukup parah dalam banjir yang melanda Kabupaten Mahakam Ulu hingga Kabupaten Kutai Barat, yaitu Ujoh Bilang, Datah Bilang dan Long Iram.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik fokus menyiapkan pangan dan listrik di lokasi banjir Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dan Kutai Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News