Kuota Lulusan dari Papua dan Papua Barat Masuk PTN Ditambah

Kuota Lulusan dari Papua dan Papua Barat Masuk PTN Ditambah
Kuota Lulusan dari Papua dan Papua Barat Masuk PTN Ditambah
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menambah kuota lulusan dari Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Melalui afirmasi khusus, sebanyak 770 kuota akan ditambahkan dari total 1.016 kuota.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan jalur afirmasi bukanlah bentuk diskriminasi atas Papua. Namun, lebih kepada transformasi kultur akademis kepada masyarakat Papua melalui status otonomi khusus yang dimilikinya.

“Otonomi Papua itu khusus, jadi pengembangan di Papua harus utamakan kekhususan dan ini bidang pendidikan," kata M Nuh pada pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) di Hotel Century, Jakarta, Selasa (23/10) malam.

Mendikbud menyebutkan, implementasi afirmasi ini akan mencakup tiga sektor yaitu melalui sistem penerimaan, pendanaan, dan pendampingan mahasiswa.  Pada sistem penerimaan, kata Mendikbud, matrikulasi pra mahasiswa akan diterapkan. Sebelum siswa diterima di suatu PTN, mereka akan diberikan kursus, pelatihan, dan matrikulasi.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menambah kuota lulusan dari Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat untuk masuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News