Kupas Tuntas Kendaraan Listrik, IKAXA Undang Menko Luhut di Seminar Nasional

Kupas Tuntas Kendaraan Listrik, IKAXA Undang Menko Luhut di Seminar Nasional
Ikatan Alumni SMA Xaverius 1 Palembang (IKAXA) bakal menggelar seminar nasional bertajuk 'Kendaraan Listrik, Potensi dan Tantangannya di Indonesia' dengan narsum utama salah satunya Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Foto dok. IKAXA

jpnn.com, JAKARTA - Ikatan Alumni SMA Xaverius 1 Palembang (IKAXA) bakal menggelar seminar nasional bertajuk 'Kendaraan Listrik, Potensi dan Tantangannya di Indonesia'. 

Kegiatan yang digelar pada 14 September 2023 di Grand Sahid Hotel Jakarta diharapkan mampu memberikan sejumlah masukan kepada pemerintah dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

“Kami berharap hasil dari seminar ini dapat menjadi masukan bagi pemerintah, industri terkait serta masyarakat luas mengenai kendaraan listrik di Indonesia," kata Ketua Umum IKAXA, Agus Jayadi Alwie, Kamis (7/9).

Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah tokoh dan narasumber penting dari sejumlah kementerian, pengusaha otomotif, konsultan, pakar, maupun asosiasi terkait.

Beberapa di antaranya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan  sebagai narasumber utama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, KSP Moeldoko yang juga Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (“Periklindo”).

"Penghematan BBM fosil dan penggunaan energi terbarukan serta ramah lingkungan memang semakin gencar dikampanyekan dikarenakan semakin sadarnya pemerintah dan masyarakat akan terbatasnya cadangan energi fosil dan pentingnya menjaga lingkungan," lanjutnya.

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan guna mengakselerasi transformasi industri otomotif, serta mengurangi ketergantungan impor BBM sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor transportasi.

"Industri otomotif juga telah merespon hal ini dengan memproduksi kendaraan listrik baik mobil maupun motor, namun pertumbuhan penggunanya masih belum seperti yang diharapkan karena masyarakat masih bersikap wait and see untuk barang baru ini," ungkapnya.

Mengupas tuntas kendaraan listrik, IKAXA akan menggelar seminar dengan mengundang Menko Luhut sebagai narsum utama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News