Kurikulum Merdeka Bisa Meningkatkan Kompetensi Siswa di Bidang Esports 

Kurikulum Merdeka Bisa Meningkatkan Kompetensi Siswa di Bidang Esports 
Kemendikbudristek, KSP, dan KINCIR berkolaborasi dalam pengembangan industri gim lokal melalui penyelenggaraan Esports Next serta kunjungan kinetik ke SMKN 1 Ciomas, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (6/10). Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kantor Staf Presiden (KSP), dan KINCIR berkolaborasi dalam pengembangan industri gim lokal.

Kolaborasi ini melalui penyelenggaraan Esports Next serta kunjungan kinetik ke SMKN 1 Ciomas, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (6/10).

Esports Next dan kunjungan kinetik ke SMKN 1 Ciomas menjadi bagian dari rangkaian kejuaraan olahraga elektronik Piala Presiden Esports 2023 yang akan digelar pada 21—22 Oktober 2023 mendatang. 

Esports Next sendiri merupakan diskusi antara pelajar dan mahasiswa dengan pelaku industri perfilman dan esports. 

Direktur SMK Kemendikbudristek Wardani Sugiyanto mengatakan pemilihan SMKN 1 Ciomas karena sekolah ini merupakan salah satu pelaksana program SMK Pusat Keunggulan bidang animasi yang memiliki beberapa program unggulan yang terikat dengan potensi industri esports.

Mulai dari program keahlian animasi, produksi dan siaran program televisi, serta pengembangan perangkat lunak dan gim. 

"Esports tak hanya menjadi olahraga kreasi, tetapi juga industri yang sangat potensial," terang Wardani, Minggu (8/10).

Selain SMKN 1 Ciomas, lanjut Wardani, Kemendikbudristek memiliki SMK-SMK dengan kompetensi yang erat dengan industri esports dan memiliki potensi untuk mengembangkan gim-gim dengan kearifan lokal.

Kemendikbudristek menyampaikan Kurikulum Merdeka bisa meningkatkan kompetensi siswa di bidang Esports 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News