Laba Akademi Klub Medioker Ini Kalahkan Barcelona

Laba Akademi Klub Medioker Ini Kalahkan Barcelona
teams pictures

jpnn.com - LONDON- Barcelona selama ini dikenal sebagai klub yang mampu menghasilkan pemain jempolan dari akademi La Masia. Namun, untuk urusan penjualan pemain produk akademi, Barca harus mengakui beberapa klub medioker.

Southampton menjadi tim dengan keuntungan terbesar dari hasil penjualan pemain produk akademi. Total, Southampton mendapatkan 90,2 juta Euro atau sekitar Rp 1,4 triliun (Euro= Rp 15.578).

Penelitian itu dilakukan Swiss Centre for Sports Studies (CIES) sejak bursa transfer Juli 2012 silam. CIES pun angkat topi dengan kinerja Southampton mendongkrak keuangan klub dari penjualan pemain akademi.

“Southampton adalah contoh hebat dari klub tentang bagaimana akademi bisa berkontribusi terhadap keuangan,” demikian pernyataan resmi CIES sebagaimana dilansir laman Triball Football, Selasa (10/3).

Posisi kedua ditempati Lille. Klub medioker asal Prancis itu mampu menghasilkan 76 juta Euro atau sekitar Rp 1,1 triliun. Jumlah itu termasuk penjualan terhadap Eden Hazard dan Mathieu Debuchy.

Real Sociedad berada di posisi ketiga setelah mengumpulkan 62,2 juta Euro atau sekitar Rp 968 miliar. Posisi keempat serta kelima secara berurutan ditempati Sevilla dan Borussia Dortmund. (jos/jpnn)


LONDON- Barcelona selama ini dikenal sebagai klub yang mampu menghasilkan pemain jempolan dari akademi La Masia. Namun, untuk urusan penjualan pemain


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News